Home » Luar Biasa! Untuk Cegah GAPTEK, SD Yos Sudarso II Batam Memulai Pembelajaran TIK di Sekolah.

Luar Biasa! Untuk Cegah GAPTEK, SD Yos Sudarso II Batam Memulai Pembelajaran TIK di Sekolah.

oleh admin

(Foto : Lab Komputer SD Yos Sudarso II – Sagulung)

 Sagulung Batam, YTKNEWS.Id – Hari itu, Rabu 28 Juli 2021. SD Yos Sudaraso II memulai sebuah tradisi pembelajaran yang selama ini tidak pernah ada di Sekolah itu. Rupanya mereka membiasakan diri dengan sebuah kegiatan belajar TIK di sekolah.

Terhitung, sebanyak 34 anak didik kelas VI mengikuti kegiatan preaktek di laboratorium komputer. Bukannya mereka harus jaga jarak? Iya, mereka boleh mengikuti kegiatan itu, tetapi syarat utama adalah mematuhi protokol Kesehatan.

Begitulah yang terjadi. Walaupun di tengah suasana pandemi, hari itu, anak didik kelas VI SD Yos Sudarso II datang ke sekolah secara bergilir untuk praktek komputer. Para peserta didik ini, dibagi dalam dua sesi, untuk masing-masing kelas. Wajah Mereka terlihat begitu ceria. Bahkan mereka hadir di sekolah, satu jam sebelum KBM berlangsung.

Sesi pertama berlangsung mulai pukul 08.00 – 09.00 untuk kelas VIA. Sedangkan sesi kedua berlangsung dari pukul 10.00 – 11.00 untuk kelas VIB.

Meski hanya 1 jam, mereka terlihat begitu menampakan rasa bahagia dan antusiasmenya untuk belajar di sekolah. “Sesuai rencana, kegiatan ini akan dilakukan terus secara bergilir untuk semua kelas,” kata Kepala SD Yos Sudarso II Sagulung Batam, Siprianus Pua, S.Pd di Batam (28/7/21).

Didampingi wali kelas masing-masing, anak-anak masuk ke lab computer. Mereka terlihat  tertib untuk memulai kegiatan belajar. Setelah dibuka dengan doa, mereka mulai mendengarkan penjelasan dari guru TIK dan kemudian mulai mempraktekkannya.

(Saat KBM berlangsung)

“Saya bangga bersekolah di SD Yos Sudarso II, tapi hari ini saya merasa sangat bahagia. Kebahagiaan ini tidak bisa saya ungkapkan dengan kata-kata. Ini pertama kali, sekolah memfasilitasi kami untuk belajar komputer”, ucap Daniel salah satu murid kelas VIA setelah keluar dari lab komputer.

Beberapa siswa yang ada disitu juga menuturkan perasaan bangga pada sekolah Yos Sudarso II yang memberikan bekal dasar memahami komputer untuk selanjutnya di bawa ke jenjang  SMP dan semoga berguna untuk masa depannya nanti.

(Daniel, siswa kelas VI A SD Yos Sudarso II, Sagulung)

Di antara 34 siswa yang hadir, ada beberapa anak yang sudah memiliki komputer atau laptop di rumah. Ada juga yang sama sekali tidak memiliki komputer maupun laptop. Anak-anak inilah yang menuturkan punya kebahagiaan tersendiri hari ini datang dan mengoperasikan komputer secara langsung di sekolah. Mereka juga mengatakan bahwa mereka lebih senang belajar di sekolah dan berulang kali menanyakan kapan belajar lagi disekolah walaupun hanya beberapa jam.

“Untuk proses KBM secara praktik hari ini berjalan lancar. Untuk awal, memang masih diperlukan pengawasan dari wali kelas yang bersangkutan, agar dapat berjalan dengan baik, jelas Guru Komputer di Sekolah itu, Engelbertus Ari Purnama, S.Kom.

Guru computer ini mengungkapkan rasa senangnya. “Saya juga senang karena selama proses pembelajaran berlangsung, anak-anak berperan aktif. Mereka tidak henti-hentinya untuk bertanya apa saja lambang-lambang yang ada di komputer saat mereka mulai belajar mengetik di Microsoft Word ,” jelas pria yang akrab disapa Ari ini.

Kepala sekolah juga memberikan alasan anak-anak harus tetap datang untuk praktek komputer disekolah saat pandemi ini. “Pelajaran komputer harus praktek langsung makanya anak-anak harus ke sekolah karena tidak semua anak memiliki komputer atau laptop di rumahnya”, kata  Siprianus Pua, S.Pd. Ia juga menambahkan manfaat belajar TIK khusus untuk siswa/i SD Yos Sudarso II.

“Agar dapat memberikan pelajaran dan panduan untuk  anak-anak SD Yos Sudarso II supaya  tidak gagap teknologi / gaptek, mampu menggunakan alat teknologi informasi secara baik dan benar, mampu berinternet secara sehat , bisa mencari informasi informasi penting dan mampu mencetak lulusan sekolah dasar yang terampil dalam penggunaan teknologi informasi dasar,”  ungkap Siprianus.  (sfn/YTKNEWS)

Reporter : Yulianti Rosalia

Anda mungkin juga suka

2 komentar

selamat simarmata Juli 29, 2021 - 7:56 am

salut buat pak Sipri kepala sd Yos 2 Bstam

Balas
LYANI MANALU (Chiko Manurung) Juli 29, 2021 - 10:22 am

Bangga buat bpk kepala sekolah yg telah berusaha untuk memajukan peserta didik SD YOS SUDARSO 2 agar tidak gaptek.
Mantap👍

Balas

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.