Home » Ini Dia Cara Edukasi Literasi Membaca Anak Usia Dini Di Perpustakaan SD Yos Sudarso I Batam Dan SD Maria Goretti Sungailiat

Ini Dia Cara Edukasi Literasi Membaca Anak Usia Dini Di Perpustakaan SD Yos Sudarso I Batam Dan SD Maria Goretti Sungailiat

oleh humas YTK

Batam, YTKNews.id – Perpustakaan memang gudang ilmu, gudang pengetahuan dan gudang pengalaman. Selama ini perpustakaan di kenal sebagai tempat untuk meminjam dan membaca buku. Ternyata tak hanya itu, untuk anak-anak kelas 1 SD khususnya, perpustakaan menjadi tempat yang menyenangkan tersendiri bagi mereka yang belum lancar membaca.

Hal itu terjadi karena disana mereka bisa mendengarkan cerita dan dongeng yang dibacakan oleh pustakawati,bahkan sekedar menonton video cerita rakyat. Memang,pada anak kelas kecil umumnya, belum semuanya lancar membaca seperti pengunjung perpustakaan yang lain.

Menarik saat tim ytknews berkesempatan berbincang dengan Mg.Widiastuti, S.I.Pust selaku pustakawati yang bertugas di SD Yos Sudarso I Batam. Widi mengatakan saat anak kelas kecil dibacakan cerita, itu menjadi awal mula menumbuhkan literasi pada anak sejak usia dini.

“Saya selalu menanyakan kembali pesan moral dari buku atau video yang mereka lihat, dari situ kita bisa menilai bahwa minat baca anak itu sebenarnya ada. Mereka memberikan reaksi positif dengan berbagai pertanyaan saat kita bercerita” kata Widi, Kamis (31/03/22).

“Anak-anak kelas 1 juga sudah diperbolehkan meminjam buku, mereka sudah memiliki kartu perpustakaan,tetapi dengan syarat harus dengan pendampingan orang tua atau kakak agar buku tetap dijaga. Saat di perpustakaan biasanya saya pilihkan buku dengan font cukup besar dan memiliki kalimat singkat sebagai pengenalan,” tuturnya lagi.

Senada dengan Widi, Dewi Susanti, A.Ma.Pust selaku pustakawati yang mengelola perpustakaan SD Maria Goretti Sungailiat kerap rajin membacakan dongeng untuk anak-anak kelas kecil.

“Anak kelas kecil masih suka dengan buku yang mempunyai banyak gambar menarik, saat jam berkunjung ke perpustakaan, saya bacakan dongeng. Mereka sangat serius dan tertarik mendengarkan cerita,” ujar pustakawati yang pernah di undang menjadi narasumber di RRI Sungailiat tersebut.

“Tempat yang nyaman dan pembacaan cerita menjadi awal penunjang agar anak-anak kelas 1 berminat untuk mengunjungi perpustakaan,” pungkasnya lagi. nys

Reporter : N.Yuliasari

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.