Home » Ada Yang Beda Dalam Pembagian Raport Mid Semester di TK St Maria

Ada Yang Beda Dalam Pembagian Raport Mid Semester di TK St Maria

oleh humas YTK

Muntok, YTKNews.id – Ada yang berbeda dalam pengambilan  raport tengah semester ganjil   di TK Santa Maria kali ini.  Pagi-pagi, jam 08.30 para orangtua mulai berdatangan dan berkumpul di aula sekolah. Ternyata, hari itu  TK St Maria Mentok berkolaborasi dengan LPT Persona Pangkalpinang mengadakan kegiatan parenting  sebelum pengambilan MID dilaksanakan.

Parenting ini bertajuk Sosialisasi Pencegahan Perundungan dan Kekerasan Seksual Pada Anak. Narasumbernya, Lia Hervika, M.Psi (psikolog) dari LPT Persona.

Hampir 70 peserta sosialisasi yang berasal  orang tua atau wali murid. Jika diprosentasikan kehadiran orangtua dalam parenting itu, sekitar 75%  hadir  untuk  mengikuti kegiatan tersebut.

Mengapa sosialisasi ini diadakan? Salah satu sebabnya adalah makin maraknya berita tentang kasus bullying maupun kasus  kekerasan seksual pada anak melalui media sosial. “ Masih banyak para orangtua yang tidak menyadari , kalau kasus yang timbul bukan saja disebabkan oleh orang asing namun juga orang – orang yang berada di dekat anak,” demikian  di awal sosialisasi  kalimat tersebut  disampaikan oleh kepala sekolah.

Sedangkan Lia Hervika menyampaikan , maraknya kasus – kasus  perundungan  di sekolah , karena  masih  banyak masyarakat  yang  belum memahami   dan  kurang menangkap sinyal  dari anak – anak jika mereka sudah mengalami perundungan. Guru dan orangtua harus lebih peka mendengarkan dan menangkap  hal–hal di luar kebiasaan anak–anak.

“Kasus-kasus kekerasan seksual pada anak dan perempuan mengakibatkan terganggunya ketenangan dan kedamaian masyarakat yang berujung pada ketimpangan dan disharmoni sosial,” demikian ungkap Lia Hervika.

Akibat yang ditimbulkan tidak hanya menimpa korbannya, tetapi juga mengakibatkan ketakutan pada masyarakat.  Diharapkan melalui kegiatan ini, wawasan orangtua murid makin bertambah ,  lebih waspada dalam  pengasuhan anak, dan meningkatkan kerjasama antara pihak sekolah dan orangtua dalam  pengasuhan anak.

Kegiatan tanya jawab juga sangat  diminati orangtua murid. Terbukti pada sesi ini, banyak orangtua yang bertanya–jawab dengan narasumber.

Bumbunan, orangtua dari Janwanti, bahkan sempat menyampaikan kepada kepala sekolah,  bahwa narasumber  sangat pandai dalam menyampaikan materi karena bahasanya mudah dimengerti. *(sfn)*

Orang tua antusias mengikuti sosialisasi

Orang tua antusias mengikuti sosialisasi

Penulis : Ivana Situmeang

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.