Home » Hadiah di Hari Pendidikan Nasional 11 Siswa SMA Santo Yosef Berhasil Melaju ke Tingkat Provinsi

Hadiah di Hari Pendidikan Nasional 11 Siswa SMA Santo Yosef Berhasil Melaju ke Tingkat Provinsi

oleh Alexia Dea Ariyanti
Siswa dan siswi yang lolos OSN ke Tingkat Provinsi

Sungguh berita luar biasa datang di hari istimewa yaitu Hari Pendidikan Naional. Prestasi membanggakan diraih oleh 11 siswa SMA Santo Yosef dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kota Pangkalpinang tahun 2023. Ajang yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini dilaksanakan pada tanggal 4 s.d 6 April 2023 secara daring di seluruh Indonesia. Ajang ini merupakan event tahunan yang dilaksanakan setiap tahun. Adapun bidang yang perlombakan ada 9 bidang yaitu Astronomi, Ekonomi, Informatika/Komputer, Kebumian, Biologi, Kimia, Matematika, Fisika, dan Geografi.

SMA Santo Yosef berhasil meloloskan 11 siswa yaitu Jovarel Tendiran bidang Astronomi. Bidang Informatika Zakary Nareswara Tulus Sinudewangga Hatmadipura, Glenn Marcellino, dan Brayen Agustinus Putra. Bidang Kebumian Richard Farrel dan Angel Caroline. Bidang matematika Dickent Affandy, Alexander Ferdian, dan Hizkia Gopas.  Bidang geografi Feliciano Fernando dan bidang fisika Kelvin Apriyadi.

“Saat melihat ada nama saya ada didaftar yang lolos saya sangat senang. Apalagi tahun kemarin saya gagal. Jadi saya benar-benar tidak menyangka bisa lolos. Untuk persiapan yang kami lakukan sangat banyak. Dari test soal, baca buku dan menonton video. Setiap harinya hal itu yang kami lakukan agar saat lomba kami benar-benar siap.”pungkas Angel yang merupakan satu-satunya siswi yang lolos.

“Masalah yang kami alami saat latihan adalah soal-soal yang dikerjakan memilki tingkat sangat sulit. Namun berkat dukungan guru pembimbing hal itu bukanlah masalah besar. Saya bukannya takut dengan soal susah tapi malah merasa tertantang untuk bisa mengerjakannya.”curhat Zakary salah satu siswa yang lolos di bidang Informatika.

Tentunya kemenangan ini bukanlah akhir dari segalanya. Mereka masih tetap berjuang di tingkat provinsi nanti di bulan Juli dan jika lolos mereka akan lanjut di tingkat nasional bertanding dengan sekolah-sekolah yang berasal dari seluruh provinsi  di Indonesia.

Terakhir Angel memberikan pesan untuk teman-teman lain yang berhasil lolos bahwa jangan pernah menyerah, semangat, dan tetap optimis karena usaha tidak akan mengkhianati hasil. Tidak ketinggalan Zakary juga berpesan untuk teman-teman yang tidak lolos untuk jangan berkecil hati, terus berjuang dan walau itu sulit bukan berarti tidak mungkin. Masih ada kesempatan di tahun depan. (sfn)

Reporter: Alexia Dea

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.