Home » Suasana yang Berbeda Menyelimuti Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Komunitas Santa Theresia II

Suasana yang Berbeda Menyelimuti Upacara Bendera HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Komunitas Santa Theresia II

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pada hari Kamis (17/8/ 2023) pagi terlihat suasana yang berbeda menyelimuti kegiatan upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78 di komunitas Santa Theresia II . Pasalnya, pada hari tersebut guru-guru dan karyawan yang menjadi petugas upacaranya.

Upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78 adalah kegiatan rutin yang diadakan oleh semua sekolah di seluruh Indonesia. Kali ini berbeda yang terjadi di komunitas Santa Theresia II, biasanya yang menjadi petugas adalah peserta didik, tetapi kali ini yang menjadi petugas adalah kolaborasi guru dan karyawan TK SD Santa Theresia II, peserta upacaranya adalah peserta didik kelas 1 sampai kelas 6, sedangkan pembina upacaranya adalah Bapak Heri Sutrisno S.Pd. kepala SD Santa Theresia II.

Upacara ini dimulai sekitar pukul 07.00 WIB dan selesai sekitar pukul 07.45. Cuaca cerah menyelimuti kegiatan upacara ini dan upacara berlangsung dengan lancar, tertib dan hikmat. Semua guru dan karyawan yang bertugas berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Kami sudah mempersiapkan sejak sepekan yang lalu dan latihan dua kali bersama, syukur hasilnya memuaskan guru dan karyawan yang bertugas melakukannya dengan sangat  baik,”ujar Pak Heri Sutrisno, S.Pd kepala SD Santa Theresia II.

Di dalam amanatnya Kepala Sekolah SD Santa Theresia II Pak Heri Sutrisno mengatakan kita tidak lagi berperang dengan senjata, tapi kita berperang dengan ilmu pendidikan, peserta didik diharapkan dapat belajar dengan tekun untuk mengisi kemerdekaan ini, Pak Heri juga mengatakan pembelajaran sekarang sudah menggunakan kurikulum merdeka peserta didik diharapkan memiliki kemampuan dalam literasi, numerasi, dan kemampuan dalam berkomunikasi.

“Sangat menarik dan kagum bisa melihat para guru dan karyawan menjadi petugas upacara,” ujar Cassandra peserta didik dari kelas IV.

“Senang dan bangga bisa melihat  guru dan karyawan menjadi petugas upacara, dari situ juga kami bisa mencontohinya bagaimana menjadi petugas upacara yang baik,” komen Cecilia peserta didik dari kelas V.

Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada pemenang lomba-lomba yang diadakan pada hari Rabu (16/8/2023) kemarin, kemudian peserta didik dibubarkan dan menunggu untuk dijemput.

“Selamat kepada para pemenang lomba, bagi yang belum menang harap jangan berkecil hati, terima-kasih kepada semua peserta didik atas partisipasi kalian, ujar Pak Heri.

Penulis: Hendera

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.