Home » Semarak Karnaval HUT ke-78 RI: SMP Maria Goretti Menyemarakkan Dengan Tema “Maju Bersama dalam Keberagaman”

Semarak Karnaval HUT ke-78 RI: SMP Maria Goretti Menyemarakkan Dengan Tema “Maju Bersama dalam Keberagaman”

oleh Fristy Yasinta Tarigan

Sungailiat, YTKNews.id—Karnaval bersejarah menghiasi kota Sungailiat dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78. Dalam momen yang berlangsung pada Senin, 21 Agustus 2023, pukul 08.00 WIB, Bupati Kabupaten Bangka menghadirkan kemeriahan yang memukau masyarakat Kabupaten Bangka, memancarkan semangat patriotisme yang membara.

Dengan tema utama “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”, karnaval ini berhasil menjadi titik temu energi positif dari berbagai lapisan masyarakat. Salah satu peserta yang menjadikan momen ini berkesan adalah sekolah menengah pertama yang berada di bawah naungan Yayasan Tunas Karya (YTK) di Sungailiat, yaitu SMP Maria Goretti. Dalam spirit mempromosikan persatuan dalam keberagaman, sekolah ini mengusung tema inspiratif “Maju Bersama dalam Keberagaman”.

Sebanyak 55 siswa dari perwakilan SMP Maria Goretti meriahkan suasana karnaval dengan keceriaan dan semangat. Meskipun matahari menyengat dengan teriknya, semangat dan gairah para siswa tidak surut sedikit pun. Mereka menampilkan kompaknya semangat dalam perjalanan dari titik awal di Taman Sari Sungailiat hingga tiba di destinasi akhir di Jalan Pemuda Sungailiat.

Dengan semangat “Maju Bersama dalam Keberagaman”, siswa-siswa SMP Maria Goretti tampil penuh pesona dan antusias. Barisan depan dipenuhi oleh sejumlah siswa yang memegang spanduk, memamerkan karya unik berupa gambar Garuda Pancasila yang dihasilkan sebagai bagian dari proyek sekolah. Dalam barisan ini, mereka memukau penonton dengan berbagai tarian tradisional yang mewakili banyak lapisan masyarakat di Bangka, seperti tari Nias, tari Batak, tari Jawa, tari Flores, dan tari khas Bangka, yaitu tari becampak. Hal ini juga melambangkan cerminan keberagaman suku dan budaya yang ada di SMP Maria Goretti.

Semangat menghormati keberagaman budaya juga tercermin dalam pakaian adat yang dikenakan oleh beberapa siswa. Dengan bangga, mereka memamerkan pakaian adat Batak, Jawa, Tionghoa, Flores, dan Bangka, menggambarkan semangat harmoni dan kerukunan yang terpancar dari Pancasila.

Namun, keragaman ini tidak hanya terbatas pada ranah budaya. Siswa-siswa ini juga menunjukkan penghargaan terhadap pluralitas agama dengan menghadirkan siswa-siswa yang mewakili pemimpin agama dari beragam keyakinan. Hal ini menjadi bagian dari upaya untuk menunjukkan bahwa siswa-siswa SMP Maria Goretti adalah pewaris nilai Pancasila yang teguh beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tidak hanya itu, juga ada barisan siswa yang memamerkan hasil dari kemampuan berpikir kritis mereka. Dalam barisan ini, siswa-siswa menampilkan potensi mereka sebagai calon atlet masa depan di cabang olahraga basket. Ini adalah satu di antara ciri khas yang melekat pada SMP Maria Goretti yang terus mendorong prestasi olahraga di kalangan siswa.

Siswa-siswi SMP Maria Goretti saat karnaval

Peran orang tua juga turut meriahkan kesuksesan acara ini. Dengan bangga, mereka mendampingi anak-anak mereka sepanjang prosesi karnaval, memberikan dukungan tanpa batas. Selain itu, mereka juga ikut menyediakan segala kebutuhan peserta karnaval dengan penuh perhatian.

Kepala Sekolah SMP Maria Goretti, Ferdinandus Andry Setiawan, S.E., mengutarakan kebanggaannya atas prestasi gemilang yang diraih dalam karnaval ini. Dia tidak lupa untuk menyampaikan terima kasih kepada guru-guru, pegawai, dan semua pihak yang turut berkontribusi dalam persiapan acara tersebut. Baginya, semangat dan partisipasi siswa merupakan cerminan dari semangat gotong royong dan persatuan yang harus dijaga serta diwariskan kepada generasi penerus.

Ferdinandus Andry Setiawan, mantan Kepala SD Santa Agnes Belinyu, juga melihat acara ini sebagai peluang penting bagi siswa-siswi SMP Maria Goretti untuk terlibat dalam membangun sekolah berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Ia mengungkapkan, “Melalui semangat kebersamaan dan keberagaman yang tercermin dalam karnaval ini, kami berharap dapat melahirkan generasi tangguh, cinta tanah air, dan siap menghadapi tantangan masa depan.”

Reporter: Fristy dan Pandu

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.