Home » Pameran Pendidikan Terbesar di Pulau Bangka, Edufair 2023 SMA Santo Yosef Pangkalpinang Hadirkan Puluhan Perguruan Tinggi Dalam dan Luar Negeri

Pameran Pendidikan Terbesar di Pulau Bangka, Edufair 2023 SMA Santo Yosef Pangkalpinang Hadirkan Puluhan Perguruan Tinggi Dalam dan Luar Negeri

oleh Alexia Dea Ariyanti

SMA Santo Yosef Pangkalpinang, menggelar pameran Pendidikan selama dua hari mulai tanggal 15-16 September 2023. Sebanyak 30-an perguruan tinggi dari dalam dan luar negeri berpartisipasi pada Edufair yang digelar di SMA Santo Yosef tersebut.

Mengingat sebagian besar siswa-siswi kelas XII akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi maka, SMA Santo Yosef memberikan wadah bagi para siswa-siswi untuk mengetahui berbagai informasi terkini tentang perguruan tinggi atau universitas.

Edufair 2023 dibuka dengan suguhan penampilan dari Vocal Grup, Band, Dance serta Atraksi Wushu SMA Santo Yosef . Kemudian resmi dibuka dengan pemukulan Gong oleh Bapak Albertus Christian, Sekretaris Yayasan Tunas Karya, Frans, S.Pd Ekop kepala SMA Santo Yosef Pangkalpinang dan perwakilan dari beberapa perguruan tinggi.

Johan Wiratmo, S.Pd selaku ketua panitia mengatakan tujuan dari diadakannya edufair untuk memberikan informasi seluas-luasnya bagi peserta didik khususnya yang duduk dikelas XII tentang universitas bagi peserta didik di Pangkalpinang dan sekitarnya.

“Kami berharap adanya event ini dapat menjawab kegalauan dari anak – anak agar dapat menentukan masa depan yang lebih baik setelah lulus dari SMA” ujar Johan.

Albertus Christian, selaku Sekretaris Yayasan Tunas Karya (YTK) mengaku bersyukur karena tahun ini kegiatan seperti ini dapat digelar kembali pasca pandemi covid-19. Dengan berbagai banyak pilihan perguruan tinggi.

“Dalam hal ini kegiatan ini juga dapat membangkitkan literasi dan memberikan data serta pengetahuan yang baik tentang sekolah lanjutan kepada peserta didik SMA maupun SMK yang ada di Pulau Bangka khususnya Pangkalpinang dan sekitarnya.” pungkas Frans, S.Pd.

“Bagi adik-adik,  jangan sampai memilih jurusan ikut – ikutan teman atau dorongan dari orang tua. Kita menghindari kegagalan ditengah jalan apabila tidak sesuai bakat dan minat anak.” pesan Josephin salah satu BA dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang juga alumni SMA Santo Yosef tahun 2023.

“Lewat edufair ini siswa-siswi dapat melihat jurusan yang diminati dan dapat menentukannya agar tidak salah jurusan atau salah memilih universitas.” pungkas Reigan Chenartha salah satu BA dari Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) yang juga salah satu alumni SMA Santo Yosef tahun 2023.

“Visioning The Upcoming”  ialah tema yang di angkat tahun ini. Dengan maksud tema ini ialah melihat yang akan dating. Melihat yang akan datang itu adalah masa depan. Dalam hal ini, peserta didik di tuntut harus memulai memikirkan masa depannya dengan memilih jurusan. Selanjutnya, dengan konsep retro pada poster atau spanduk, dipilih karena untuk mencapai masa depan tentunya kita tidak boleh melupakan masa lalu, pengalaman masa lalu dan masa kini di jadikan patokan untuk meraih cita – cita di masa depan.

Edufair kali ini pun, mengundang UMKM untuk mempromosikan serta menjajakan produknya. Ada 16 UMKM ikut memeriahkan Edufair tahun ini. Pada tahun ini juga, banyak doorprize yang dibagikan membuat Edufair semakin semarak. Acara Edufair ditutup dengan Band dan Atraksi Wushu.

Penulis: Lukas Mileniawan

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.