Home » Tak Ingin Dimakan Ikan Besar! Beginilah Kegiatan Bina Iman di SMP Santa Theresia

Tak Ingin Dimakan Ikan Besar! Beginilah Kegiatan Bina Iman di SMP Santa Theresia

oleh Marcelina Sandra

Pangkalpinang, YTKNews.id — Bulan September, bagi umat Katolik dimakni sebagai Bulan Kitab Suci Nasional atau dikenal dengan BKSN merupakan kegiatan yang dimaksudkan bagi umat katolik untuk lebih mendalami makna kitab suci. Kegiatan ini terlaksana tiap tahun. Dirayakan di SMP Santa Theresia pada Jumat, 15 September 2023 kemarin. Kegiatan BKSN ini dilaksanakan sepulang sekolah dan diikuti oleh seluruh peserta didik yang beragama katolik. Melalui tema “Allah sebagai Sumber Kasih dan Keselamatan” anak-anak diajak untuk kembali merenungkan kisah Yunus.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan ini membawa sukacita bagi para peserta, pasalnya acara dibuka dengan bergoyang bersama.

“Bersukacita atau berduka terhadap hal yang kita alami adalah pilihan kita …” ungkap Alexander Ivan Pasca Putra selaku pendambing kegiatan.

Yang kemudian dilanjutkan ajakan kepada anak-anak untuk membaca bersama-sama kisah Yunus (Yun 4: 1-11—2-10) secara bersama-sama.

“Ada yang ingin menceritakan singkat mengenai bacaan yang telah kita baca bersama tadi..?” Tanya Pak Ivan kepada para peserta

“Yunus yang dimakan oleh ikan besar pak …” jawab Mateo sambil mengacungkan tangan

“Benar ya… berapa lama Yunus tinggal di perut ikan itu?” lanjut Pak Ivan

“Tiga hari tiga malam Pak ….” Kali ini disambung dengan kompak oleh sebagian besar peserta.

Melalui kisah kali ini kita disadarkan kembali bahwa kasih Allah adalah universal, tertuju untuk semua orang. Allah berkenan mengampuni mereka yang mau bertobat dan mengakui kesalahan sekecil apapun itu.

Kegiatan pendalaman kitab suci ini semakin menarik karena diselingi kembali dengan bernyanyi dan bergerak bersama yang dibawakan oleh Tyas and Team. Anak-anak kembali di ajak untuk bernyanyi sambil melakukan gerakan-gerakan yang menggugah semangat.

“Mari kita menjadi pribadi yang mau dan berani mengakui kesalahan, dengan demikian Allah juga berkenan mengampuni kita. Karena kita yakin Kasih Allah tertuju untuk semua orang …” pesan Pak Ivan sembari menutup kegiatan.

Reporter: Marcelina Sandra Dewi

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.