Home » Taburan Kekaguman di Classical Concert Night 2024 SMAK Yos Sudarso Batam

Taburan Kekaguman di Classical Concert Night 2024 SMAK Yos Sudarso Batam

oleh Dwiky Natalia

Batam, YTKNews.id – Di era digital ini, masih banyakkah anak muda yang menggemari musik  klasik? Tidak bisa dipungkiri, musik aliran pop paling banyak digemari anak muda sehingga musik klasik tidak mendapatkan wadah untuk unjuk kemampuannya. Namun, hal ini justru mendapat perhatian khusus dari  SMA Katolik Yos Sudarso Batam. Banyaknya siswa yang ternyata memiliki bakat di bidang musik klasik, justru membuat sekolah ini hadir dan mengakomodasi ajang pementasan musik jenis ini.

Penampilan Pak Andika dan team

Ide awal kegiatan ini tercetus dari  salah satu guru bidang seni yakni Andika Pratama,S.Pd. Ia menggagas konser musik klasik dan sekaligus menjadi pembimbing untuk para siswa karena melihat banyaknya bakat yang muncul di bidang musik ini. “Anak-anak berbakat ini mengikuti seleksi untuk menjadi penampil di acara Classical Concert Night 2024 sejak bulan September 2023,” ujarnya.

Konser ini bertajuk Classical Concert Musik 2024 : Alla Poco a Poco. Tema yang diambil dari bahasa latin ini memiliki makna agar siswa-siswi SMA Katolik Yos Sudarso Batam dapat memperkenalkan musik klasik ke dunia luar secara perlahan. Konser musik klasik ini diadakan dengan tujuan selain menjadi  tempat untuk mengasah bakat dan kreativitas siswa, juga dapat memotivasi  khususnya siswa SMA Katolik Yos Sudarso Batam agar memiliki tekad yang penuh untuk memainkan dan memperkenalkan musik klasik ke dunia luar.

Rupanya animo audience terhadap musik klasik memiliki jumlah yang tidak sedikit. Konser yang diselenggarakan di Pacific Hotel pada 3 Februari 2024 itu dihadiri kurang lebih 500 orang dari berbagai macam kalangan. Ada 20 penampilan yang disajikan malam itu. Uniknya,  konser ini juga menghadirkan salah satu siswi SD Yos Sudarso sebagai penampilnya.  Gadis kecil yang duduk di kelas  V tersebut bernama Clara Tekla. Ia berkolaborasi dalam permainan biola bersama siswi SMAK Yos Sudarso, Michelle. Penampilannya tentu menuai decak kagum penonton.

duet piano yang menawan

Menjelang konser dimulai, semua penampil melakukan berbagai macam kegiatan di belakang panggung. “Grogi, Bu, tapi gwenchana,” ujar mereka sambil tertawa.  Mereka menunggu sembari latihan,  ngobrol bahkan selfie di balkon gedung yang berlatar sunset nan indah demi menenangkan diri. Para penampil pun pada akhirnya berhasil memainkan kepiawaiannya dalam musik klasik baik melalui piano, gitar, biola maupun vocal. Mereka tidak hanya lihai memainkan alat musik atau bernyanyi aliran klasik tapi juga mampu menjelaskan sejarah aliran musik klasik yang mereka bawakan. Hal ini tentu membuat para penonton penasaran dan pada akhirnya bisa menikmati penampilan demi penampilan. Seluruh penampilan selalu mendapat applause yang meriah  karena berhasil memukau dan mengejutkan penonton berulang kali.

Ada hal yang menarik dari kata sambutan Kepala Sekolah SMA Katolik Yos Sudarso Batam yakni Sumiyati, S..Pd., M.M.  “SMAKYS adalah satu-satunya sekolah di Batam yang memberikan wadah kepada siswa untuk menyalurkan bakat dan kemampuannya di bidang seni musik klasik”. Pernyataan tersebut dibenarkan oleh salah satu orang tua yang diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan yakni dr. Helmina Purba. ”Kami berterima kasih pada SMA Katolik Yos Sudarso yang telah mendampingi anak-anak untuk mengorganisasi kegiatan serta mewadahi anak-anak yang berbakat di bidang seni aliran musik klasik,“ ujar ibu dari Rahel Karolina, sang ketua panitia tersebut. Hal itu diungkapkannya dengan penuh haru dan bangga setelah melihat perkembangan softskill sang putri mampu menyelenggarakan acara bersama teman-temannya. Di akhir konser, para penonton pun turut menyampaikan rasa bangga dan ucapan terimakasih serta  selamat atas kesuksesan acara Classical Concert Night 2024: Alla Poco a Poco kepada SMA Katolik Yos Sudarso.

Penulis : Sumiyati

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.