Home » Beda Dengan Beberapa Tahun Sebelumnya, Pelepasan Peserta Didik Kelas IX SMP Santo Yosef Belinyu Berlangsung Begitu Semarak

Beda Dengan Beberapa Tahun Sebelumnya, Pelepasan Peserta Didik Kelas IX SMP Santo Yosef Belinyu Berlangsung Begitu Semarak

oleh Kordianus Nodin

Belinyu, YTKNews.id—Hari Senin, 10 Juni 2024, jadi hari yang spesial bagi seluruh Peserta Didik Kelas IX Se-Kabupaten Bangka karena pada hari inilah akan dilakukan Pengumuman Kelulusan Peserta Didik Tahun Pelajaran 2023/2024.

Begitu pula dengan SMP Santo Yosef Belinyu, pada hari yang sama melaksanakan Pengumuman Kelulusan dan  pelepasan Peserta Didik Kelas IX yang telah menempuh dan menyelesaikan pendidikannya selama 3 tahun di SMP Santo Yosef.

Acara Pengumuman Kelulusan ini menjadi berbeda dari acara tahun-tahun sebelumnya karena bersamaan dengan digelarnya Kegiatan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Tema Kearifan Lokal dan Kewirausahaan.

Diawali dengan Gelar Karya P5 yaitu Kewirausaahaan, seluruh peserta didik, orangtua/wali dan tamu undangan mengunjungi Stan Bazaar makanan dan minuman yang ada yakni  Es Kacang Merah, Es Dawet, aneka macam kue, makanan khas Bangka: Bakcang dan Pempel Telor. Pengunjung yang hadir menyerbu stan dan melakukan pemesanan yang dilayani oleh peserta didik dengan ramah dibantu oleh beberapa orangtua/wali peserta didik. Dalam sekejap, semua makanan dan minuman habis dipesan oleh pengunjung.

Persembahan Tari Campak menjadi penanda pembuka untuk rangkaian acara Pengumuman Kelulusan dan Pelepasan Peserta Didik Kelas IX. Tarian Campak ini mengundang decak kagum hadirin. Begitu juga dengan Pentas Seni, yang tak lain adalah gelar karya P5 dari Kearifan Lokal atau Budaya Lokal juga begitu menghibur. Karena dibarengi dengan Berbalas Pantun, Kisah Pantai Penyusuk, Lagu Yok Miak, Kelesan dan Romodong, dan lain lain.

Selain Pentas Seni Gelar Karya P5, Peserta Didik kelas IX juga tidak mau kalah. Mereka mempersembahkan 2 buah lagu dan diakhiri dengan Lagu “Terimakasih Guru.” Lagu terakhir ini, secara khusuh dipersembahkan untuk Bapak dan Ibu guru yang telah membimbing mereka selama 3 tahun di SMP Santo Yosef. Tidak ketinggalan Guru Pegawai juga mengisi acara dengan persembahan sebuah tarian.

Dalam kata sambutannya, Kepala Sekolah SMP Santo Yosef Belinyu, Osner Naibaho, S.Pd menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak terlibat dan mendukung Kegiatan Gelar Karya P5. Sebab bagi Osner, berkat dukungan dan keterlibatan banyak pihak, Kegiatan Gelar Karya P5 dapat terlaksana dan berjalan dengan baik.

Kepala Sekolah juga mengucapkan terimakasih kepada Pastor Paroki Belinyu, tamu undangan, komite sekolah dan seluruh orangtua-wali atas dukungan yang diberikan kepada SMP Santo Yosef Belinyu. Dan untuk siswa-siswi Kelas IX yang lulus 100%, Osner pun berpesan agar menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan kreatif dalam menyongsong masa depan untuk menggapai cita-cita.

Bagi siswa-siswi Kelas IX yang mendapatkan nilai tertinggi pada setiap Mata pelajaran diberikan apresiasi oleh setiap guru mata pelajaran. Lantas, untuk sepuluh Peserta Didik dengan nilai Ujian sekolah tertinggi diberikan penghargaan oleh sekolah.

Ketika di akhir acara, diadakan juga pelepasan bagi guru dan Pegawai yang memasuki masa Purnabakti. Mereka adalah, Jaka Hartaya, S.Pd dan Fransiscus Saferius, A.Ma.Pd.

Dan ternyata juga ada acara yang mengharukan, tatkala momen itu juga perpisahan bagi  Kepala SMP Yosef, Osner Naibaho, S.Pd yang mendapat mutasi. Tidak hanya itu. Ada juga, guru lain yang mutasi, yakni Bapak David Octaviandy Butarbutar, S.Pd. (red)

Reporter : Tim Humas Santo Yosef Belinyu

Anda mungkin juga suka