Home » STIE Bentara Persada Meningkatkan Iman, Moral dan Karakter Mahasiswa Lewat Rekoleksi

STIE Bentara Persada Meningkatkan Iman, Moral dan Karakter Mahasiswa Lewat Rekoleksi

oleh humas YTK

Batam, YTKNews.id — Rekoleksi merupakan sarana untuk  merefleksikan kebaikan Tuhan bagi kita. Terlepas dari komunitas di dalam keluarga, masyarakat dan gereja mahasiswa,  sebagai masa depan bangsa, perlu mengenal diri dan Penciptanya serta menjalani panggilannya.

Oleh karena itu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bentara Persada (STIE BP) menggelar rekoleksi di Rumah  Retret  Oase Center, Tanjung Piayu, Batam. Rekoleksi yang bertajuk “Moderasi Beragama Menjadi Manusia Teguh dalam iman, harapan dan Kasih” yang digelar selama satu hari, Minggu 06 Agustus 2024.

“Pengembangan iman pada generasi muda sangat dibutuhkan di era modern saat ini. Dengan pendasaran akan tata nilai iman akan m embentuk dasar pemahaman yang kokoh demi kemajuan nilai intelektualitas yang didasarkan pada keimanan di tengah-tengah pluralisme,” ungkap Ketua STIE BP, Agus Sekti Susila Atmojo, M.Si pada kesempatan rekoleksi mahasiswa.

Menurutnya program rekoleksi tentunya menjadi modal bagi mahasiswa untuk mengenal lebih dalam akan pesan penting injili demi kemajuan berbangsa dan bernegara.

Agus memberikan apresiasi kepada Departemen Agama RI khususnya Bimas Katolik Pusat yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan rekoleksi mahasiwa pada tahun akademik 2024-2025.

“Kita semua berharap bahwa seluruh mahasiswa STIE Bentara Persada mampu memberi teladan yang baik dalam pewartaan iman di tengah-tengah masyarakat. Kita semua berharap bahwa seluruh elemen STIE Bentara Persada membangun nilai 100% katolik dan 100% Indonesia,” harapnya.

Harapan yang sama disampaikan Ketua Panitia Rekoleksi, Dra. Brigida Endah Nuraini, M.M. Dalam sambutannya, Endah demikian sapaannya, mengharapkan semoga apa yang diperoleh dalam rekoleksi ini dapat menambah pengetahuan bagi kita sekalian, baik sebagai pendidik maupun sebagai anak didik.

Sebagai panitia yang ditugaskan mengatur semua acara rekoleksi, Sakeus Laba, S.Kom., M.M sangat mengapresiasi pemateri kegiatan rekoleksi RP. Yonas Hunu, SVD yang begitu semangat membina iman anak Katolik, dan menumbuhkan semangat iman bagi mahasiswa yang kuliah di kampus katolik.

“Semoga ini selalu terjaga dan dilanjutkan pada masa yang akan datang,” ungkap Dosen bidang studi Pengantar Aplikasi Komputer dan Pemasaran Digital. STIE Bentara Persada.

Ia berharap semoga materi yang telah diberikan oleh Pastor dapat diterima dengan baik oleh para mahasiswa dan melaksanakannya dalam hidup sehari-hari. “Marilah kita menjadi mahasiswa yang unggul dalam iman dan moral,” ajak Sakeus.

RP Yonas Hunu, SVD dalam materinya menyampaiakan bahwa tujuan moderasi beragama adalah mengurangi kekerasan antar umat beragama. Moderasi beragama adalah pembinaan terus-menerus (on going formation). “Cara menumbuhkan iman adalah baca kitab suci,” ungkap Yonas.

Kegiatan rekoleksi ini melibatkan 89 orang mahasiswa dari semua Angkatan. Hadir dalam kegiatan rekoleksi ini Ketua STIE BP bersama para dosen dan para karyawan. Acara rekoleksi ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars Bentara Persada. Selanjutnya, sambutan dari ketua STIE Bentara Persada. Penutupan acara rekoleksi dilaksankan dalam Perayaan Ekaristi konselebrasi oleh RP. Pilifus  Junianto SSCC dan RP. Yonas Hunu, SVD di Kapel Batam Oase Center, RP. Yonas Hunu, SVD sebagai selebran utama. ***

Kontributor : Silvester

Anda mungkin juga suka