Home » MPLS 2021 SMA St Yusuf Tanjung Balai Mengusung Tema ‘’ Belajar Tanpa Batas Ruang dan Waktu ‘’

MPLS 2021 SMA St Yusuf Tanjung Balai Mengusung Tema ‘’ Belajar Tanpa Batas Ruang dan Waktu ‘’

oleh

( Foto : Kepala sekolah SMA Santo Yusuf  Tanjung Balai menyematkan kartu pengenal kepada perkwakilan anak didik )

Tanjungbalai, YTKNEWS.ID—Kegiatan MPLS 2021 menjadi peristiwa biasa pada pembukaan tahun ajaran di sekolah-sekolah. Hanya saja ada sesuatu yang terlihat unik pada MPLS di SMA St Yusuf (SMAYS) Tanjung Balai Karimun. Keunikan itu, tampak pada tema kegiatan, Belajar Tanpa Batas Ruang dan Waktu.

Menurut laporan Sekretaris Panitia MPLS 2021 SMASY Tanjung Balai, Sebastian Sidia, tema ‘’ Belajar Tanpa Batas Ruang dan Waktu ‘’ ini dipilih karena situsia dunia saat ini masih didera pandemi Covid 19.

Tema ini, kata Sebastianus untuk menjadi diksi dan defenisi yang diharapkan mampu memberikan motivasi bagi peserta didik bahwa dalam situasi apapun tidak menghalangi kita belajar dan meraih cita- cita.

Dalam sambutan, Kepala Sekolah SMASY Tanjung Balai, Yordanus Tius, S.Fil,  menegaskan bahwa situasi pandemi Covid 19 memberikan kita nuansa baru bagi sekolah dan aktvitasnya.  “Covid 19 telah memberi nuansa baru bagi proses pembelajaran,” tutur Yordanus.

( Foto :Yordanus Tius, S. Fil, Kepala Sekolah SMA St Yusuf Tanjung Balai Karimun )

Tak ayal, Kepala Sekolah SMASY pun mengharapkan agar setiap Pendidik maupun Tenaga Kependidikan sudah saatnya untuk memiliki kesadaran dan cara berpikir yang terbuka pada pembelajaran online.

“Dalam pelayanan Pendidikan berbasis tekhnologi, suka tidak suka proses pembelajaran ini membutukan kesadaran dan kedisiplinan kita semua,” tandas Yordanus. Menurutnya, kesadaran dan kedisiplinan itu penting demi pengunaan tegnologi berbasis digital itu, dapat berjalan secara efesien, efektif dan tepat sasaran dalam pelaksanaan pembelajaran online atau e-learning.

Kepala Sekolah juga meminta kepada Peserta Didik Baru untuk dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan MPLS  secara baik. Yordanus, sebagai Kepala Sekolah ia juga mengatasnamakan Yayasan Tunas Karya, mengucapkan terimakasih yang tulus kepada orangtua atau para wali murid. “Tidak lupa atas nama sekolah dan yayasan kami mengucapkan terimakasih terhadap orangtua yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk mendidik putra-putrinya.” Pungkas Kepala Sekolah SMASY Tanjung Balai.

( Foto :Pelaksanaan MPLS Daring 2021 SMA Santo Yusuf Tanjung Balai Karimun )

Sedangkan Wihelmina Apriyanti Open sebagai ketua panitia, memberi gambaran tentang kegiatan itu. “Para Peserta Didik Baru mendapatkan informasi berkaitan mataeri-materi, seperti : Wawasan Wiyata Mandala, Pendidikan Karakter dan Tata Krama, Kesadaran  Berbangsa dan Bernegara dan Toleransi Beragama,” ungkap Wilhemina.

Pada akhir materi, Peserta Didik Baru diminta tagihan berupan penugasan. Dalam tugas itu, Kata Ketua Panitia, peserta didik akan dicek  sejauhmana pemahaman mereka akan materi yang disampaikan,” imbuh Wilhemina.

Lantas kata Wilhemina lagi, pada penutupan acara MPLS panitia mengumumankan tiga orang peserta terbaik.  “Hal ini sebagai bentuk motivasi bagi tiga peserta terbaik  diberikan hadiah dalam bentuk pulsa paket yang akan digunakan dalam pembelajaran,” ucapnya.

( Foto :Ketua Panitia Wilhemina Open, S.Pd, SMA St Yusuf Tanjung Balai Karimun )

Kegiatan ini kita laksanakan mulai Senin sampai Rabu,  12  sampai 14 Juli 2021.  Terlihat, mulai dari acara pembukaan, ada 73 peserta yang hadir. Tujuh puluh tiga peserta didik baru ini mengikutinya dari rumah  masing–masing.

Sedangkan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan , pengrus OSIS, juga dua orang perwakilan peserta didik baru mengikuti dari sekolah, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pembukaan MPLS ini ditandai dengan penyematan kartu atau papan nama peserta oleh Kepala Sekolah pada perwakilan peserta didik baru dan ikuti oleh peserta lain yang berada di rumah. (Efano/YTKNewsId)

Reporter : Sebastian Sidia

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.