Home » Lomba Scratch Defeating Covid

Lomba Scratch Defeating Covid

oleh

Pangkalpinang,YTKNews.id–Dimasa pandemi ini anak-anak harus dibiasakan untuk lebih produktif, scratch adalah pilihan yang tepat. Selain mudah digunakan, scratch juga sangat mudah di buat dan melatih kreatifitas dan daya kreasi anak itu sendiri dalam membuat game-nya sendiri.

Untuk itu tutorss.org, berkolaborasi dengan Yayasan GHTH dan Yayasan Tunas Karya mengadakan lomba scratch.Lomb aini terdiri dari 2 kali webinar. Lantas dilanjutkan dengan lomba scratch itu sendiri.

Pada webinar ini, diberikan materi oleh tutor ahli yang sudah berpengalaman pada bidang tersebut. Juri lomba ini adalah Marla Marlena dari SMA Santo Yosef yang merupakan seorang junior developer dan juara 3 KIGP (Kompetisi Indihome Generasi Prestasi) 2021.

Lomba scratch ini berjalan dengan sangat baik dan lancar, setelah webinar yang diadakan selama 2 kali pertemuan dalam 2 minggu, siswa diberikan waktu selama kurang lebih 2 minggu untuk mempersiapkan karya terbaiknya kemudian mengumpulkan pada link form yang sudah di berikan oleh pihak panitia dan juri.

Pada lomba ini, siswa diminta untuk membuat game berbasis scratch dengan tema “Defeating Covid” . Pada event ini diharapkan siswa tetap berprestasi walau di masa pandemi, dan mencoba menuangkan bagaimana melawan covid dengan game. Game-game yang dibuat anak-anak pun sangat kreatif dan mudah dimainkan oleh segala usia.

Pada lomba scratch kali ini memiliki peserta yang berasal dari berbagai sekolah dalam naungan Yayasan Tunas Karya, salah satunya SD Yos Sudarso, SMP Budi Mulia, SMP Santo Yusuf dan sekolah-sekolah lainnya baik dari provinsi Bangka Belitung hingga ke Batam.

Jumlah peserta pada lomba kali ini adalah 14 peserta, masing-masing mengirimkan 1 karya terbaik mereka ke google formulir yang sudah disediakan.

Antusias peserta sangat luar biasa, pada webinar yang dijalankan selama 2 kali, setiap pertemuannya mampu mencampai 100 peserta didik di dalamnya, baik dari SD, SMP, dan SMA dalam naungan Yayasan Tunas Karya.

Lomba diadakan dari tanggal 22 Agustus 2021 sampai 2 September 2021, kemudian diadakan pengumuman pada tanggal 9 September 2021, disini mereka diminta mempresentasikan hasil karya mereka kepada juri dan teman-teman lainnya. Kemudian akan dilakukan voting bersama, dengan 3 orang nilai tertinggi maka dialah pemenangnya.

Pemenang telah diumumkan pada zoom tanggal 9 September 2021 pukul 19.00-20.00 dengan juara 1 atas nama Timothy Santa Juniawan dari sekolah SD Yos sudarso, juara 2 atas nama Brenden Yosua dari sekolah SD Yos Sudarso Batam Centre, dan juara 3 atas nama Valeksiano Sidjabat dari SMP SANTO YUSUP. Masing-masing peserta mendapatkan uang sebesar Rp.750.000,00 untuk juara 1, Rp. 500.000,00 untuk juara 2, dan Rp.250.000,00 untuk juara 3.

Foto : Lomba Scratch

Reporter : Erna Widiati

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.