Home ยป Peringati Hari Batik Nasional, Warga SD Regina Pacis Kenakan Kemeja Hingga Dress Batik

Peringati Hari Batik Nasional, Warga SD Regina Pacis Kenakan Kemeja Hingga Dress Batik

oleh admin

Tanjungpandan, YTKNews id– Warga Negara Indonesia setiap 2 Oktober setiap tahunnya memperingati Hari Batik Nasional, begitupun halnya dengan warga SD Regina Pacis Tanjungpandan yang turut serta memperingati ikon budaya nasional tersebut.

Kepala SD Regina Pacis, Siau Lie, mengatakan warga SD Regina Pacis yang terdiri dari tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik mengenakan pakaian batik dalam bentuk kemeja hingga dress pada hari Jumat, 1 Oktober 2021 hingga Sabtu, 2 Oktober 2021dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional.

“Jumat 1 Oktober hingga 2 Oktober 2021 warga SD Regina Pacis Tanjungpandan mengenakan pakaian batik dari kemeja hingga dress. Para guru, karyawan, dan murid sangat antusias pada peringatan Hari Batik Nasional ini,” kata Siau Lie, Sabtu (2/10/2021).

Ia mengungkapkan bahwa batik bukan lagi sebatas kain atau busana khas Jawa, tetapi sudah menjadi bagian dari keseharian warga negara Indonesia. Ia menyebutkan batik mulanya dikenal sejak jaman Kerajaan Majapahit dan meluas sejak Abad ke-18.

 

Disebutkannya, hingga saat ini Indonesia melestarikan kebudayaan batik, dan ia berharap momen peringatan Hari Batik Nasional ini dapat memupuk rasa cinta tanah air setiap warga SD Regina Pacis.

“Biasanya batik dikenakan pada saat tertentu di daerah Jawa, namun saat ini batik dapat dikenakan dimana saja dan kapan saja,” katanya.

“Melalui peringatan Hari Batik Nasional ini kita ingin memupuk rasa cita tanah air, dan turut melestarikan budaya kita. Indonesia adalah sebuah negara yang sangat kaya kebudayanya, untuk kita harus tetap melestarikannya,” kata Siau Lie.(JnP/YTKNews.id)

Reporter : Yosephine Aranxha Fahira

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.