Home » Pesta Demokrasi Berbasis Teknologi di SMP Santo Yusup Tanjung Balai Karimun

Pesta Demokrasi Berbasis Teknologi di SMP Santo Yusup Tanjung Balai Karimun

oleh humas YTK

Tanjung Balai Karimun, YTKNews.id – Layaknya bagian dari sebuah negara demokrasi, SMP Santo Yusup Tanjung Balai Karimun mengadakan pelaksanaan pemilihan ketua dan wakil ketua osis pada 23 April 2022, untuk periode 2022-2023 secara langsung, umum dan bebas.

Kegiatan di kemas serupa dengan pesta demokrasi yang biasa terjadi saat pemilihan kepala daerah. Ada pendataan pemilih yang berhak, menggunakan bilik suara lalu membubuhkan tinta Ketika selesai memberikan suara.

Namun ada yang berbeda ketika pemilihan berlangsung, pemungutan suara tidak menggunakan kertas yang dicoblos, tetapi memanfaatkan media google form pada beberapa laptop yang disusun di bilik suara. Ini menyesuaikan dengan canggihnya teknologi sekarang. Selain untuk menghemat penggunaan kertas, hasil yang cepat dan akurat pun lebih mudah didapat.

Pada pemilihan ini, terdaftar 4 calon ketua dan calon wakil ketua yang berasal perwakilan kelas XII dan XIII.

Pesta demokrasi ala anak usia remaja ini dilaksanakan di panggung halaman sekolah dan diikuti siswa kelas VII, VIII dan IX serta guru dan pegawai yang berjumlah 219 sesuai data pemilih.

Kegiatan diawali doa dan kata sambutan kepala sekolah, selanjutnya para calon diberikan kesempatan menyampaikan visi dan misi mereka.

Theresia Sulastri selaku kepala SMP Santo Yusup mengatakan ini merupakan kegiatan untuk melatih anak-anak dalam menggunakan hak suara seperti pada pemilihan umum (pemilu).

“Saya harap melalui kegiatan ini, dapat melatih para peserta didik untuk menggunakan hak suara nantinya di negara kita pada saat momen pemilu,” kata Sulastri.

Hasil pemilihan seketika langsung diketahui beberapa saat setelah selesai pemilihan dan melahirkan Toshiro Mandala Putra sebagai ketua dan Nicole Genevieve Parera sebaga wakil ketua osis untuk masa jabatan periode 2022-2023. (nys)

Reporter : Hendra

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.