Home » Anak-anak Asrama St Theresia Mengolah Sampah Organik Menjadi Eco Enzyme

Anak-anak Asrama St Theresia Mengolah Sampah Organik Menjadi Eco Enzyme

oleh humas YTK

Pangkalpinang, YTKNews.id – Pada hari bumi tahun 2022 mengangkat tema ‘Invest In Our Planet’ atau diterjemahkan menjadi ‘berinvestasi di planet kita’. Hari bumi tahun ini juga berfokus untuk meningkatkan kesadaran tentang kelebihan populasi, hilangnya keanekaragaman hayati, dan penurunan kualitas lingkungan.

Sebagian besar masyarakat tidak menyadari masalah lingkungan dan bagaimana lingkungan yang tercemar mengancam kesehatan manusia. Pada tahun ini Asrama Santa Theresia Pangkalpinang memperingati hari bumi dengan melakukan hal yang berbeda pada tahun sebelumnya.

Kegiatan dimulai saat siswa-siswi pulang sekolah yang dilaksanakan di Biara Susteran SSpS Pangkalpinang pada 25 April 2022 dan diikuti oleh perwakilan siswa-siswi yang tinggal di Asrama Santa Theresia kelas X, XI SMA Santo Yosef dan SMK Tunas Karya Pangkalpinang.

Kepedulian tinggi siswa-siswi Asrama Santa Theresia terhadap sampah organik terasa nyata. Maka, dalam hal ini sebuah Gerakan mengolah sampah organik menjadi eco enzyme pun dilakukan. Hal ini merupakan salah satu alternatif pemanfaatan limbah organik menjadi suatu produk dengan nilai ekonomi dan nilai manfaat yang tinggi.

Siswa-siswi Asrama Santa Theresia melakukan praktik langsung pengolahan eco enzyme. Komunitas asrama St Theresia berharap dengan peringatan hari bumi sedunia ini, kepedulian terhadap bumi tercinta diisi dengan suatu aksi nyata, tidak menjadikan hari bumi sedunia sekedar ajang berkumpul mencemaskan bumi namun tanpa tindakan nyata menjaga, merawat, dan menyelamatkan bumi.

Kelestarian bumi bukanlah tanggungjawab perorangan namun kelestarian bumi menjadi tanggungjawab semua pihak yang hidup di bumi tanpa terkecuali. Oleh karena itu kesadaran akan pentingnya kelestarian bumi perlu ditanamkan pada diri masing-masing individu sedini mungkin dan secara berkesinambungan. (nys)

Reporter : Martina Winarti

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.