Home » Enaknya di TK St Hilarius, Anak Dididik Mandiri

Enaknya di TK St Hilarius, Anak Dididik Mandiri

oleh humas YTK

Parittiga, YTKNews,id—Ternyata, ada pembelajaran yang menarik di TK St Hilarius Parittiga. Pasalnya pembelajaran ini mirip KKN yang diadakan di Perguruan Tinggi. Pembelajaran itu, lebih merupakan aksi nyata bersama anak didik. Lantas pembelajaran itu disebut, Latihan Kemandirian.

Pembelajaran yang boleh disebut KKN ala TK St Hilarius ini, terlaksana pada pada   4 sampai 5 Oktober 2022. Kelas B2 mendapat kesempatan untuk melakoni pembelajaran ini. Mereka didampingi oleh Suster Felisitas.

“Lewat pendidikan anak usia dini, tahap perkembangan anak semakin meningkat, baik itu dalam hal kedisiplinan, kerja keras, tanggung jawab, kepedulian sosial, keimanan, kreativitas, inovasi dan kemandirian, jelas Sr Felisitas.

Menurut Suster yang berasal dari Nias, Sumatera Utara ini, kemandirian anak juga dikembangkan ketika anak berada pada tahap pra-sekolah. “Guru-guru akan berusaha mengembangkan kemandirian anak sesuai tahap perkembangannya,” imbuhnya.

Penerapannya, kata Suster Felis begitu ia disapa, dilakukan melalui kegiatan pembelajaran yang dilakukan setiap hari. “Misalnya, mencuci piring sendiri, mengelap meja, mengepel lantai jika ada air minum yang tumpah,” sebutnya memberi contoh.

Anak-anak TK St. Hilarius, di mata Suster Felis, khususnya usia 5 sampai 6 tahun sudah menunjukkan kemandiriannya, seperti mengambil alat tulis sendiri tanpa dibantu oleh guru, mengerjakan tugas secara mandiri hingga selesai,  menggendong tas sendiri, tidak diantar orang tua sampai ke kelas, serta melakukan berbagai kegiatan eksplorasi dengan sendirinya.  (sfn)

Penulis : Sr. F. Sihura, OSF

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.