Home » Siswa SMP Santo Paulus Sambut Gembira Praktik Merdeka Belajar

Siswa SMP Santo Paulus Sambut Gembira Praktik Merdeka Belajar

oleh humas YTK

Pangkalpinang, YTKNews,-  Siswa kelas VII  SMP Santo Paulus menyambut gembira praktik merdeka belajar yang dikembangkan para guru dengan menjadikan ruang olahraga sekolah sebagai tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar.

Sebagai proyek pertama Kurikum Merdeka Belajar, bertempat di GOR SMP Santo Paulus, Jumat 30 September 2022, siswa kelas VII menampilkan kebolehannya.

Dengan mengusung tema “Merdeka Belajar Cintai Budaya Nusantara”, kegiatan ini disaksikan oleh seluruh siswa SMP Santo Paulus.

Ada empat bidang studi yang dikolaborasikan yakni Bahasa Indonesia,Matematika, Bahasa Inggris dan PKN-Multimedia.  Dalam penampilan para siswa, lima bidang studi tersebut  mengambil peran dalam proses pembelajaran.

Sekalipun dalam kegiatan ini, para siswa lebih aktif, namun tampak guru bidang studi Bahasa Indonesia Jujui Sagala, Matematika Linda Susilowati , Bahasa Inggris Gatot Murdiasto  dan PKN -Multimedia Natahnael Sihombing  berada di seputaran lapangan untuk memberikan penilaian.

Bahasa Indonesia menilai dalam segi ekspresi,dan cerita, Bahasa Inggris dalam pronounce dan fluency, Matematika menghitung durasi video tampilan mereka dengan cara menghitung waktu dengan stopwatch.

Sementara  bidang PKN menyelipkan budaya dan pesan moral yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan bidang Multimedia yakni bagaimana para siswa menggunakan aplikasi video.

Ternyata kelima bidang studi ini dapat dipadukan dan para siswa tidak kesulitan untuk mengikuti proses belajar.

Kehadiran para  guru yang adalah pengampuh bidang studi,tidak sekadar memberikan penilaian untuk dijadikan evaluasi pembelajaran, namun kehadiran itu memberikan motivasi agar siswa dapat tampil percaya diri untuk mengapresiasi setiap hal yang ada di dalam diri mereka.

Dari perbincangan YTKNews  dengan para guru  di saat sesi istirahat, terungkap bahwa tujuan pembelajaran ini agar para siswa mampu mencintai diri sendiri, teman dan mampu berbagi dengan cara berkolaborasi  mulai dalam memilih cerita, alat peraga bahkan memilih teman untuk tampil.

Bapak dan Ibu guru berharap dengan tema yang diambil sekiranya anak-anak lebih mengenal salah satu Budaya Nusantara terkhusus cerita -cerita yang ada di Indonesia dan Bapak/Ibu guru berharap mereka semakin mencintai budaya Nusantara.

“Merdeka Belajar mengajak anak-anak untuk lebih  bercaya diri, mengapresiasi diri, mengerti kemampuan dan lebih mengasahnya menjadi lebih terarah tentunya dengan bimbingan para guru,” kata salah seorang guru menjelaskan.

Berdasarkan pantauan langsung YTKNews , terlihat siswa dan guru sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan hingga akhir.

Hasil dari kegiatan ini yakni  peningkatan kemampuan guru dalam menyusun kerangka cerita praktik baik pembelajaran berbasis kurikulum merdeka dan guru  mampu bercerita praktik baik pembelajaran berbasis kurikulum merdeka secara terstruktur. *(sfn)*

Salah satu siswa unjuk kebolehan
Salah satu siswa unjuk kebolehan

Penulis : Hartati Sagala

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.