Home » Ketika Tenaga Kependidikan di TK Regina Pacis Tanjungpandan Mengabdi Dengan Hati

Ketika Tenaga Kependidikan di TK Regina Pacis Tanjungpandan Mengabdi Dengan Hati

oleh Redaktur Ytknews

Tanjungpandan, YTKNews.id—Untuk menelusuri permenungan tenaga Pendidikan di sekolah-sekolah Yayasan Tunas Karya, tentang makna pengabdian, tim ytknews juga mewawancarai kedua tenaga Pendidikan di dari  sekolah yang Namanya sama dengan Paroki tersebut.

Tata usaha di TK Regina Pacis I Tanjungpandan, L. Septi Dwi Kusumaningrum, mempunyai refleksi yang bermakna human interest. “Makna pengabdian saya di dunia Pendidikan, khususnya di sekolah ini, adalah kesempatan untuk bekerja tulus sesuai dengan hati,” ujar Septi.

“Karena melalui hati yang tulus melayani orangtua, peserta didik, rekan kerja, di situ saya tidak pernah perhitungan baik dari waktu maupun dari segi pekerjaan,” ungkap alumni SMK Tunas Karya Pangkalpinang.

Selanjutnya, bagaimana dengan perspektif staf yang mengabdi sebagai pramusaji KB-TK Regina Pacis?  Yawariyanty, begitu nama Wanita itu, mengungkapkan mengabdi di sekolah adalah ungkapan cinta.

“Saya memaknai pengabdian yaitu mencintai, setia, loyalitas dalam bekerja dengan sepenuh hati,” ungkap sosok pramusaji yang kerap disapa Yanti ini .

Baginya mengabdi dengan tulus, artinya memberikan suasana nyaman bagi siapa saja. “Saya harus memberi suasana nyaman kepada siapapun, di lingkungan sekolah dengan tidak perhitungan dalam bekerja,” pungkas Yawariyanty.

Ketika Orang Tua Merefleksikan Makna Pendidikan di Usia Dini

Bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, yang lahir pada 2 Mei 1889, satu-satunya TK Katolik di kota Tanjungpandan ini, pun mempunyai ritual tertentu untuk memaknai kesakralan hari itu. Bagi mereka, juga insan Pendidikan lain, Kihajar Dewantara adalah Pahlawan Nasional, dan dijuluki sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia.

Lantas, apa yang terjadi di KB- TK Regina Pacis? Mereka memperingati hari pendidikan nasional dengan mengikuti upacara bendera.

Melalui Upacara Bendera, komunitas ini, hendak menyampaikan kepada siapapun tentang kekhasan dan tujuan Pendidikan pada usia dini. Perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) kali ini, kami mencoba mengangkat tema yang memberi pesan kepada public bahwa pendidikan di TK adalah pendidikan yang bertujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak,” ungkap Kepala TK Regina Pacis I, Della Natalia SIjabat, S.Pd.

Menyambung dari tema itu, bagi Diah Sulistiawati, ibunda Joanna, pendidikan di TK sangat penting karena merupakan pondasi awal bagi perkembangan dan pendidikan selanjutnya. “Pendidikan di TK akan sangat berperan dalam mengembangkan kepribadian anak untuk mempersiapkan mereka memasuki jenjang pendidikan selanjutnya,”kata Diah.

“Jika kepribadian anak sudah dibentuk dengan baik sejak usia dini, maka anak akan sangat siap menghadapi tantangan pendidikan selanjutnya,” imbuh mama Joanna, Diah Sulistiawati.

Sedangkan makna pendidikan menurut mama Lova, Juniati Monalisa pendidikan TK itu sangat penting untuk tumbuh kembang anak. “Juga sekaligus mendukung anak untuk mampu bersosialisasi dengan teman sebaya dengan bermain sambil belajar,” imbuh Juniati.

Bahkan bagi ibunda Lov aini, Pendidikan di TK sesungguhnya adalah persiapan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SD. “Agar semakin siap,” tandas Juniati.  (sfn)

Kontributor : Mona

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.