Home » Maknai Hardiknas Secara Berbeda, 2 Aktivitas Ini yang Dilakoni Guru dan Karyawan TK-SD St Theresia II

Maknai Hardiknas Secara Berbeda, 2 Aktivitas Ini yang Dilakoni Guru dan Karyawan TK-SD St Theresia II

oleh Redaktur Ytknews

YTKNews.id—-Komunitas  Guru dan Karyawan TK dan sd St Theresia II, memilih sebuah aktivitas yang berbeda, hari itu. Mereka memilih pergi ke Luar Pulau untuk Study Banding dan Rekoleksi.

Hari itu, 2 Mei 2023, bertepatan peringatan Hari Pendidikan Nasional. Dua komunitas sekolah, milik Yayasan Tunas Karya ini, melakoni study banding ke komunitas TK-SD Kanisius Demangan Baru I dan Rekoleksi di Yogyakarta tepatnya di Homestay Demangan.

Rekoleksi kali ini berbeda dari biasanya, kalau tahun-tahun sebelumnya selalu diadakan di seputaran wilayah pangkalpinang dan sekitarnya, pada kesempatan yang baik ini rekoleksi diadakan di luar pulau bangka yaitu di pulau Jawa tepatnya di kota Yogyakarta. Tema rekoleksi kali ini mengusung tentang “Melayani bukan untuk dilayani”.

“Kegiatan rekoleksi ini diadakan di lokasi yang berbeda dengan sebelumnya  supaya kami dapat melihat situasi dunia luar seperti apa perkembangan dan tantangan pendidikan serta menambah wawasan dan pengalaman dari sekolah lain, dan dapat mengunjungi tempat wisata-rohani dan budaya di Kota Yogyakarta, ” ungkap ketua rombongan Sandri Maranatha Gultom.

saat rekoleksi

Ada dua agenda penting di dalam kegiatan ini yaitu adalah kegiatan study banding ke TK-SD Kanisius Demangan Baru 1 dan rekoleksi guru dan karyawan TK-SD Santa Theresia II. Kedua kegiatan ini diadakan bersamaan tepatnya pada hari Selasa tanggal 2 Mei 2023.

Agenda pertama adalah kunjungan dalam rangka studi banding ke sekolah TK-SD Kanisius Demangan Baru 1. Kegiatan ini merupakan moment bersejarah bagi komunitas TK-SD Santa Theresia II pangkalpinang yang memiliki kesempatan melakukan studi banding ke salah satu sekolah katolik favorit dan unggulan di kota Yogyakarta.

Kepala Sekolah, Guru, dan  Staff, serta Peserta Didik dan terlihat hadir juga perwakilan dari Yayasan Kanisius yang sangat antusias menyambut kedatangan rombongan kami. Sambutan awal yang sungguh luar biasa penampilan yang dimeriahkan pentas seni anak-anak TK dan SD mulai dari tarian-tarian, angklung, vokal grup.

Di samping itu juga, di dalam kegiatan studi banding ini kami saling bertukar pengalaman mulai dari presentasi keunggulan sekolah masing –masing, saling belajar satu sama lain tentang pengalaman, dan tantangan yang dihadapi serta berkeliling untuk melihat sarpras dan suasana belajar di lingkungan sekolah Kanisius Demangan Baru 1.

“Banyak sekali pengalaman yang dirasakan yang sudah baik dan akan menjadi lembaran yang sangat berkesan bagi sekolah kami dan semoga kebersamaan ini tidak hanya sebatas kunjungan saja dan untuk kedepannya semoga pertemuan ini dapat mengakrabkan kekeluargaan dan kerjasama dalam hal saling bertukar informasi sekolah”, ucap Dionysius Paschalis Januari Yanto, S.Pd kepala SD Santa Theresia II.

Agenda kedua adalah kegiatan rekoleksi guru dan karyawan TK-SD Santa Theresia II di Homestay yang beralamat di Dusun Demangan, Babadan, Wedowartani, Meguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Kali ini, Komunitas Santa Theresia II memboyong Romo Andreas Khrisna Gunawan, Pr sebagai pemimpin dan pemberi materi rekoleksi. Materi rekoleksi yang diberikan tentu saja menjadi penguat bagi para guru dan karyawan. Banyak refleksi, motivasi, dan sharing cerita yang menjadi insipirasi dan memotivasi para guru dan karyawan agar tetap menjadi pribadi merdeka dalam memberikan pelayanan.

Pada selingan kegiatan, Romo Khrisna juga memberikan dinamika permainan yang sungguh menarik membuat seluruh peserta rekoleksi saling berinteraksi dan bergembira. Romo Khrisna  mengingatkan bahwa sebagai guru harus memiliki pribadi sebagai seorang pemimpin yang melayani bukan untuk dilayani, di dalam proses belajar pembelajaran guru itu ikut juga belajar bersama murid-muridnya.

Pada sesi terakhir, Romo berpesan, untuk tetap merawat dan mengembangkan profesionalitas dalam pelayanan. “Semoga kegiatan rekoleksi yang singkat ini boleh mengajak kita semua untuk berproses mengenali diri apakah kita happy, komitmen, professional, setelah itu kita berkolaborasi untuk mewujudkan semua itu,” ungkap Romo Khrisna.

Rekoleksi itu berujung pada perayaan ekaristi. Dan usai misa, para guru dan karyawan TK dan SD Theresia II menikmati sukacita bersama dalam makan malam bersama.

Setelah studi banding dan rekoleksi selesai, keesokan harinya guru-guru dan karyawan melanjutkan mengunjungi tempat-tempat wisata, baik itu tempat wisata rohani maupun tempat wisata budaya seperti Goa Maria Sendang Sono, Goa Maria Tritis, Goa Maria Ganjuran, Candi Borobudur, Lereng Gunung Merapi, dan Hutan Pinus yang ada di Wonosari. (sfn)

Kontributor : Hendera

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.