Home » Tempuh Perjalanan 3 Jam, SD Santa Maria Mentok Jalani Merdeka Belajar

Tempuh Perjalanan 3 Jam, SD Santa Maria Mentok Jalani Merdeka Belajar

oleh Suwito

Pagi-pagi sekali, anak-anak Krucil (Kelompok Perwakilan Murid Cilik) SD Santa Maria sudah menunjukkan semangat. Sebuah petualangan belajar yang tak terlupakan dialami peserta didik SD Santa Maria Mentok. Dalam upaya untuk memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan mendalam, mereka menjalani sebuah perjalanan penuh inspirasi dalam kegiatan Study Tour ke Pangkalpinang pada Kamis, 24 Agustus 2023. Kegiatan ini merupakan suara atau aspirasi murid-murid SD Santa Maria yang tergabung dalam Krucil.

“Merdeka Belajar adalah pengalaman belajar berharga yang tidak hanya berasal dari buku teks, tetapi juga dari pengalaman langsung di luar kelas,” ungkap Maria Susanti, Kepala SD Santa Maria Mentok yang mendukung kegiatan Studi Tour ini.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam, 36 peserta didik bersama 6 guru pendamping tiba di toko buku Gramedia Pangkalpinang. Rombongan disambut oleh tim menejemen Gramedia Pangkalpinang. Dengan bergerak senam ringan bersama mencairkan suasana di antara peserta tour.

Pihak Gramedia juga menyiapkan games dengan kuis literasi dan numerasi untuk anak-anak SD Santa Maria. Suasana pun semakin heboh. Peserta didik juga berkesempatan untuk berbelanja buku dan peralatan sekolah.

“Tradisi untuk mengunjungi toko buku adalah hal yang positif. Menurut saya ini harus menjadi kebiasaan anak-anak gemar datang ke toko buku,” ungkap salah satu orang tua murid yang ikut menemani peserta didik saat study tour ini.

Selanjutnya, peserta didik diajak melakukan kunjungan persahabatan ke SD Santa Theresia 1 Pangkalpinang. Penyambutan yang berkesan membuat anak-anak Krucil SD Santa Maria Mentok semakin bersemangat menyaksikan suguhan pentas seni dari siswa SD Santa Theresia 1.

Keseruan Wisata Literasi di Gramedia Pangkalpinang

Selepas dari SD Santa Theresia 1, kunjungan dilanjutkan ke Museum TImah Indonesia Pangkalpinang dan Bangka Botanical Garden. Walau kelelahan menempuh perjalanan dari Mentok, para peserta didik ini menunjukkan antusiasmenya di setiap tempat yang mereka kunjungi. Keceriaan para peserta didik tergambarkan hingga mereka tiba kembali di Mentok.

“Wah, senang sekali! Semoga sering-sering kita study tour seperti ini!” ujar Emelie, siswa kelas 4, salah satu peserta Study Tour.

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.