Home » Lolos Tahap Provinsi, Siswi SMP Yos Sudarso Berjuang di OSN Tingkat Nasional

Lolos Tahap Provinsi, Siswi SMP Yos Sudarso Berjuang di OSN Tingkat Nasional

oleh Dwiky Natalia

Batam, YTKNews.id – Olimpiade Sains Nasional merupakan ajang kompetensi tahunan dalam bidang sains bagi para siswa dan siswi SD, SMP dan SMA serta sederajat di seluruh Indonesia. Pada tahun ini, Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional  dalam 3 (tiga) tahapan yakni, Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota (OSN-K), Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi (OSN-P), dan Olimpiade Sains Nasional Tingkat Nasional (OSN). Ada 3 cabang lomba pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP yaitu, Matematika, IPA, dan IPS.  Seluruh pelaksanaan dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh panitia pusat.

SMP Yos Sudarso yang mempunyai misi untuk menjuarai perlombaan akademik dan nonakademik, tentunya selalu ikut terlibat dalam ajang ini setiap tahunnya. Terbukti sudah beberapa kali siswa-siswi memenangkan ajang ini hingga ke tingkat nasional. Pada tahun 2009, SMP Yos Sudarso meraih medali emas di bidang Fisika dan pada tahun 2011 meraih medali perak di bidang matematika.   Dalam penyelenggaraan OSN tahun ini, SMP Yos Sudarso mengirimkan siswa-siswi terbaiknya sebanyak 5 orang per bidang lomba. Peserta lomba OSN yang terpilih mewakili  sekolah merupakan hasil seleksi ketat yang diadakan guru pendamping per bidang studi. Peserta didik yang terpilih kemudian mempersiapkan diri sebelum ujian berlangsung.

Salah satu persiapan yang dilakukan adalah mengikuti bimbingan langsung dari para bapak/ibu guru yang berkompeten dalam setiap bidang lomba tersebut. Jadwal bimbingan disesuaikan dengan jam kosong bapak/ibu guru.  SMP Yos Sudarso juga memberikan dukungan dan apresiasi penuh kepada peserta lomba OSN agar peserta fokus mempersiapkan diri mereka dengan berlatih menyelesaikan soal-soal yang sudah disediakan bapak/ ibu guru baik secara mandiri ataupun dengan bimbingan bapak/ ibu guru.

Peserta OSN SMP Yos Sudarso tahun ini terlihat sangat antusias dalam mengikuti ujian Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota yang diselenggarakan pada tanggal 16-17 Mei 2023 dan membawa hasil yang memuaskan dengan lolosnya dua orang anak ke tingkat provinsi di bidang IPA. OSN Tingkat Kabupaten/Kota tersebut dimenangkan oleh Chedrico Alexander yang masih duduk di bangku kelas 7 (tujuh) dan Shopie di bangku kelas 8 (delapan).

Dengan lolosnya kedua peserta ini, tentu semakin membangkitkan semangat para bapak/ibu guru pendamping dalam mempersiapkan anak-anak untuk mengikuti lomba OSN tingkat provinsi yang diselenggarakan pada tanggal 26-27 Juni 2023. Bahkan ketika libur semester tiba, peserta OSN beserta bapak/ ibu guru pendamping tetap datang ke sekolah untuk melakukan pendampingan.

Usaha tidak menghianati hasil merupakan pepatah yang tepat dalam menggambarkan proses yang dilakukan. SMP Yos Sudarso menerima SK Pemenang OSN-P pada 19 Juli 2023 lalu, dan Sophie Destriani dinyatakan lolos mewakili kota Batam bidang IPA ke tingkat nasional.

Pendampingan saat percobaan

Dengan menyadari persaingan yang semakin ketat, Sophie beserta guru pendamping melakukan pendampingan yang lebih intens. Bahkan dalam minggu ini, sekolah juga memberlakukan isolasi terhadap Sophie dan salah satu guru pendamping yakni Hobbes Sipahutar, S.Pd.  Untuk sementara, guru pendamping dan peserta  dibebastugaskan dari kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di kelas dan fokus dalam melakukan pendampingan. Ada dua bentuk soal OSN tingkat nasional cabang lomba IPA yang akan diujikan yakni, pilihan jamak dan uraian. Sedangkan jenis soalnya adalah tes teori dan tes praktikum. Persiapan untuk tes praktikum dilakukan langsung di laboratorium IPA SMP Yos Sudarso.

Hobbes Sipahutar S.Pd., sebagai guru senior bidang IPA yang sudah beberapa kali berhasil membawa anak-anak OSN hingga lolos tingkat nasional mempunyai trik khusus dalam   mempersiapkan anak-anak yang dibimbingnya. Hobbes mengumpulkan semua soal-soal OSN IPA yang sudah diujikan tahun-tahun sebelumnya sebagai bahan materi pendampingan. Lebih lanjut, Hobbes memberikan tanggapan yang positif tentang persiapan OSN tahun ini. “Lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Semua teman-teman guru IPA saling mengisi dalam memberi pelatihan. Sekolah juga, melalui kepala sekolah dan wakil kurikulum memberi dukungan penuh atas keikutsertaan siswa-siswi kita dalam mengikuti OSN tahun ini. Semoga anak dapat meraih medali di OSN yang akan berlangsung  di tanggal 29-30 Agustus ini,” jelas Hobbes.

Dalam menghadapi OSN tingkat nasional nanti, Sophie sebagai peserta OSN cabang lomba IPA yang akan mewakili kota Batam mengaku mempunyai rasa khawatir, cemas dan gugup. Namun dengan berusaha dan berdoa  ia yakin bisa melewatinya dengan baik. “Pastinya saya sangat berharap menang. Sudah sampai tahap ini, saya rasa ini adalah kesempatan yang bagus untuk menorehkan prestasi, membanggakan sekolah, guru, keluarga, dan teman-teman. Namun, kalau tidak menang sekalipun saya tetap bersyukur dan senang sekali bisa sampai pada tahap ini, yang adalah berkat dari Tuhan dan tak lupa juga dukungan dari sekolah, guru, keluarga, dan teman-teman”, ujar anak yang juga bercita-cita menjadi dokter ini.

Kristian Sansum S.Fil., yang menjabat sebagai kepala SMP Yos Sudarso, memberikan dukungan penuh terhadap guru maupun siswa yang terlibat dalam olimpiade ini. Kristian selalu ikut memonitor sejauh mana persiapan-persiapan yang dilakukan. “Olimpiade Sains Nasional adalah salah satu kompetisi yang bergengsi apalagi dalam skala nasional. Di saat sekolah kita mampu untuk menyiapkan anak-anak berkompetisi di ajang ini, merupakan suatu prestasi yang pantas mendapatkan apresiasi. Ini adalah usaha dan perjuangan kita selama ini dan ternyata membuahkan hasil yang baik. Walaupun awalnya banyak anak yang kita utus dan ternyata hanya satu orang yang lolos ke tingkat nasional tetapi kita tetap bersyukur masih ada anak dari sekolah kita yang bisa mengikuti hingga ke tingkat nasional,” pungkasnya.

Dukungan penuh dari semua warga sekolah dan keluarga serta usaha yang maksimal telah dilakukan. Beriring dengan doa dan kepercayaan bahwa Sophie akan mampu bersaing dengan peserta lain di tingkat nasional dan membawa harum nama SMP Yos Sudarso.

Kontributor : Romaida

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.