Home » Serba-serbi Kegiatan ANBK di SMP Santa Theresia

Serba-serbi Kegiatan ANBK di SMP Santa Theresia

oleh Marcelina Sandra

Pangkalpinang, YTKNews.id — ANBK baru saja dilaksanakan di SMP Santa Theresia tepatnya pada 18-19 September 2023. ANBK merupakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang dilaksanakan untuk menilai secara keseluruhan baik sisi kognitif maupun non kognitif peserta didik. Program yang dilakukan oleh pemerintah ini memilih secara acak beberapa peserta didik kelas VIII yakni sebanyak 45 peserta didik dengan 5 peserta didik sebagai peserta cadangan. ANBK bagi peserta didik yang dilaksanakan selama dua hari ini terbagi menjadi dua sesi. Hari pertama merupakan asesmen literasi, dan hari kedua merupakan asesmen numerasi.

Demi kelancaran dan kenyamanan saat melakukan asesmen, sekolah mempersiapkan sebaik mungkin fasilitas-fasilitas yang akan digunakan.

“Kami merasa dekat dengan kegiatan ini, karena kami menghabiskan malam Minggu dengan sinkronisasi ANBK hahaha….” Gurau Yoseph Wisnu Prabowo selaku proktor dan teknisi pelaksanaan ANBK.

Kegiatan sinkronisasi dilakukan sebelum kegiatan ANBK dilaksanakan secara terjadwal. Meskipun sinkronisasi “dadakan” ini membuat para proktor dan teknisi harus bermalam minggu di sekolah, hal ini menghasilkan buah manis.

Bagaimana tidak, pada saat pelaksanaan ANBK peserta bisa mengikuti dengan nyaman, tertib dan lancar. Tidak sedikit juga dari peserta terlihat antusias untuk menjawab soal. Meskipun ada beberapa hal yang terjadi di luar kendali seperti masalah koneksi internet atau server yang sedikit terhambat.

“Anak-anak dibagi ke dalam dua ruang dan mengerjakan sesuai jadwalnya. Suasana diruangan pun kondusif, aman dan terkendali ….” Ungkap Shatasya Devia Boreti yang juga merupakan proktor dan teknisi kegiatan.

“Meskipun di tengah-tengah pengerjaan beberapa anak sudah mulai bosan dan mata lelah harus terus melihat layar monitor, bahkan ada yang mengacungkan tangan menyampaikan bahwa jawaban tidak ada padahal ada jawabannya. Namun saya tetap bangga dengan anak-anak kita karena tetap berusaha dengan maksimal hingga sampai menyelesaikan asesmen.” Imbuh Sahatasya.

“Dengan proses yang telah dilewati dan usaha yang telah dilakukan, saya berharap semoga hasil ANBK yang dijawab oleh anak-anak kita dapat memperoleh hasil yang memuaskan karena ini juga dapat kita gunakan untuk melihat dan mengevaluasi bagaimana mutu pendidikan di sekolah kita …” pungkas Pak Wisnu.

Reporter: Marcelina Sandra Dewi

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.