Home » TK St. Maria Menginspirasi Kreativitas Anak dengan Batik Ramah Lingkungan

TK St. Maria Menginspirasi Kreativitas Anak dengan Batik Ramah Lingkungan

oleh Suwito

Dalam rangka implementasi kurikulum merdeka, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kembali diadakan TK Santa Maria Mentok dengan melibatkan pengajaran nilai-nilai lingkungan kepada peserta didik. Pada 17-23 November 2023 kegiatan P5 TK Santa Maria lewat projek membatik bersama dilakukan dengan berbagai teknik, termasuk teknik ecoprint.

Kepala Sekolah TK St. Maria,Sumiyati, menjelaskan bahwa membatik dipilih sebagai topik projek pembelajaran dengan tema “Budaya Batik”. Sebelumnya, telah ada kegiatan membatik dengan teknik lain seperti menggunakan tisu, kain tetron, krayon putih, kelereng, dan lainnya.

Sumiyati menekankan bahwa kegiatan membatik ecoprint memberikan pengetahuan baru kepada anak-anak karena teknik ini masih jarang dikenal di kalangan anak usia dini.

“Ada beberapa tujuan di balik kegiatan ini, termasuk meningkatkan kerja sama sosial untuk menciptakan karya dan mengenalkan hal-hal alami. Teknik ecoprint sangat bermanfaat karena anak-anak belajar berkreasi dengan bahan alam sekitar. Ini membantu melatih motorik halus yang mendukung perkembangan anak,” tambahnya.

Dengan bangga menunjukkan hasil karya mereka

“Anak-anak senang karena terlibat dari bahan alam hingga proses ecoprint. Mereka belajar memukul daun untuk menghasilkan warna pada kain, menciptakan pewarna alami dari bahan-bahan alam, serta mencampur warna,” ujar Restu Hutasoit, guru kelas A TK St.Maria.

Kegiatan membatik dengan teknik ecoprint menarik bagi anak-anak. Peserta didik tamoak antusias ketika mencoba teknik percik di atas pola dan mencetak pola dengan crayon putih sebelum diwarnai dengan pewarna makanan.

Reporter: Gracia Biora

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.