Home » Keseruan Lomba Mewarnai dan Menyusun Bunga TK Santa Agnes dalam Menyambut Hari Guru Nasional 2023!

Keseruan Lomba Mewarnai dan Menyusun Bunga TK Santa Agnes dalam Menyambut Hari Guru Nasional 2023!

oleh Kordianus Nodin

Belinyu, YTKNews.id – Dalam memperingati dan memeriahkan Hari Guru yang jatuh pada tanggal 25 November, TK Santa Agnes merayakannya dengan mengadakan perlombaan bagi seluruh peserta didik TK Santa Agnes Belinyu. Perlombaan dalam rangka Hari Guru ini dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 24 November 2023. Terdapat 2 jenis perlombaan yang diselenggarakan yaitu lomba mewarnai untuk jenjang TK A dan lomba menyusun puzzle menjadi sebuah bunga untuk jenjang TK B.

Untuk lomba mewarnai jenjang TK A pihak sekolah menyediakan kertas dengan gambar seorang guru yang sedang mengajarkan huruf A B dan C bagi masing-masing anak. Terlihat dalam pantauan guru selama pengerjaan siswa TK A semuanya tekun dan penuh semangat untuk  mewarnai seluruh bagian gambar yang diberikan dalam waktu yang telah ditentukan.

Sedangkan untuk lomba menyusun puzzle menjadi sebuah bunga jenjang TK B, masing-masing anak telah diberikan 8 potongan kertas dengan warna berbeda untuk bagian bunganya bagi masing-masing anak. 8 potongan tersebut diantaranya 5 potongan kertas yang berbentuk sedikit lonjong yang nantinya akan membentuk kelopak bunga jika disatukan, kemudian 1 bulatan untuk bagian tengah kelopak yang menyatukan 5 potongan sebelumnya, dan yang terakhir adalah 2 potongan untuk daun yang akan diletakkan pada tangkai bunga.

Untuk batang atau tangkai bunganya telah disediakan masing-masing anak mendapat 1 tusuk sate yang telah dilapisi oleh kertas berwarna hijau. Anak-anak menyusun potongan kertas menjadi sebuah bunga dengan cara ditempelkan menggunakan lem yang telah disediakan. Anak-anak TK B sangat bersemangat memulai waktu lomba, terlihat semuanya berusaha untuk serapi dan seindah mungkin dalam menyusun potongan kertas tersebut menjadi sebuah bunga yang indah.

Walaupun sedang berlomba, baik peserta didik TK A maupun TK B mereka terlihat penuh semangat seperti hari-hari biasanya. Anak-anak tidak menjadikan perlombaan ini sebagai suatu yang menegangkan, mereka terlihat begitu santai dan menikmati perlombaan yang sedang berlangsung.

Perlombaan Hari Guru yang diselenggarakan ini juga pihak sekolah menetapkan masing-masing juara untuk di beri apresiasi atas kerja keras anak-anak. Diantaranya Jenjang TK A juara 1 diraih oleh Christian, juara 2 diraih oleh Tristan, dan juara 3 diraih oleh Shea. Untuk jenjang TK B juara 1 diraih oleh Radot, juara 2 diraih oleh Elgan, dan juara 3 diraih oleh Alvaro. Untuk anak-anak lainnya yang belum berhasil mendapatkan juara, para guru memberikan masing-masing anak 2 pensil sebagai apresiasi kepada anak-anak lainnya dalam mengikuti lomba dan untuk menyemangati anak-anak agar terus bersemangat dan berkembang bersama ke depannya.

Kepala Sekolah TK santa Agnes Mayan Lenor Ambarita, A.Ma.Pd mengungkapkan bahwa perayaan Hari Guru jadi kesempatan berkreativitas. “Perlombaan ini selain untuk memperingati jasa para guru, juga untuk meningkatkan kreativitas anak-anak dalam berkreasi memilih warna dalam mewarnai gambar,” tutur Mayan. “Juga, anak-anak bisa berkreasi dalam membentuk bunga sesuai apa yang dibayangkan anak-anak,” pungkas Mayan.

Reporter : Kristiana Puspa Setyani

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.