Home » SD Santo Paulus II Menyambut Perayaan Imlek dan HUT Pelindung Sekolah

SD Santo Paulus II Menyambut Perayaan Imlek dan HUT Pelindung Sekolah

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pangkalpinang, YTKNews.id – Pada hari Sabtu (17/02/2024), komunitas SD Santo Paulus 2 merayakan hari pelindung sekolah dengan memadukan perayaan Imlek sebagai bagian dari tradisi keagamaan dan budaya. Kegiatan ini dilaksanakan dengan suka cita dan semarak oleh para siswa, guru, serta orang tua siswa.

Perayaan dimulai dari pagi hari dengan doa bersama di halaman sekolah. Selanjutnya,  beragam acara  dari para siswa tiap kelas menampilkan berbagai atraksi   seperti menyanyi,  menari, yg bernuansa budaya Imlek yg dilaksanakan di seluruh area halaman sekolah hingga siang hari, termasuk talkshow singkat tentang kebudayaan Imlek.

Dalam perayaan tahun baru Imlek, SD Santo Paulus 2 mengajarkan para siswa tentang makna dan filosofi yang mendalam dari budaya Imlek. Contohnya seperti kebiasaan membersihkan dan menghias ruang kelas masing-masing sebelum tahun baru, menghormati leluhur, orang tua termasuk guru mereka juga makanan khas Imlek. Adanya perayaan Imlek di sekolah menjadi bentuk apresiasi atas keragaman budaya dalam masyarakat Indonesia.

Perayaan tersebut tidak hanya dirayakan di dalam kelas, namun juga melibatkan keluarga siswa. Parade kue khas Imlek menjadi makanan di kelas masing masing yang dihidangkan dan dibagikan untuk seluruh siswa. Tidak hanya itu, diadakan juga pembagian ang pao dan bingkisan ke seluruh warga sekolah.

Kegiatan ini menjadi momentum yang sangat baik untuk memperkenalkan nilai dan budaya positif kepada siswa dan menanamkan rasa toleransi, cinta damai serta sikap menghargai perbedaan kepada para generasi muda. Hal ini dapat menumbuhkan dengan wawasan yang lebih luas dan terbuka.

Perayaan pelindung sekolah dan Imlek di SD Santo Paulus 2 menjadi bukti konkret tentang upaya untuk menjaga dan melestarikan kearifan lokal dan toleransi antar suku dan agama  serta menjembatani perbedaan tersebut. Hal ini merupakan ajaran yang harus terus diwariskan kepada generasi selanjutnya agar dapat terus melestarikan masa depan bangsa Indonesia.

Penulis: Agung

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.