Home » Your Future Your Choice: Parenting Orang Tua SMA Santo Yosef Pangkalpinang Bersama Binus University

Your Future Your Choice: Parenting Orang Tua SMA Santo Yosef Pangkalpinang Bersama Binus University

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pangkalpinang, YTKNews.id – Orang tua perlu membangun hubungan yang baik dengan anak atau buah hatinya demi masa depannya yang lebih gemilang salah satunya dengan jalur pendidikan yang berkualitas. SMA Santo Yosef Pangkalpinang merupakan salah satu sekolah yang berkomitmen menjaga hubungan itu dengan mengadakan kegiatan parenting dengan tajuk “Parents Session with Binus University”. Acara dipandu oleh Natalia Dea Desianti, S.Pd dan Martina Winarti, S,Pd yang keduanya merupakan konselor di SMA Santo Yosef. Pembukaan acara dimulai dengan Sambutan dari pihak Binus University dan Frans, S.Pd,Ekop selaku Kepala Sekolah serta dibuka dengan Doa Pembuka oleh Lukas Mileniawan, S.Pd.

Parents Session kali ini, cukup Istimewa dengan kedatangan narasumber yang luar biasa yaitu Prof. Dr. Lim Sanny, S.T.,M.M. Beliau menggambarkan tema yang diberikan “Your Future Your Choice’’ sebagai masa depan buah hati atau anak didik sudah mulai dipikirkan ke jenjang yang lebih tinggi dengan problematika dizaman sekarang. Selain itu,  tentang program yang ditawarkan bagi anak didik,  tujuan, dan manfaatnya bagi siswa serta orang tua jika sudah jelas memikirkan kemana akan berkuliah atau karir.

“Membantu dan mendukung anak dalam membuat pilihan karir sangatlah penting. Tips dan saran tentang orang tua sangat membantu anak mengeksplorasi minat dan bakat mereka. Kemudian mengenal perkembangan anak dari berbagai rentang usia. Pada tahap ini pentingnya memahami karakteristik dan kebutuhan perkembangan anak untuk menjadi orang tua yang lebih efektif.” tutur Prof. Lim dalam sesi pertama.

Pada sesi kedua Prof. Lim membahas tentang tips dalam mendengarkan dengan empati, memberikan umpan balik yang konstruktif, dan membangun hubungan yang positif kepada anak. Penjelasan tentang konsep disiplin positif dan teknik-teknik yang dapat diterapkan dalam mendidik anak dengan penuh kasih sayang dan konsekuensi yang tepat. Kesehatan mental dan emosional anak harus benar-benar diperhatikan. Hal ini diperlukan strategi untuk mendukung kesejahteraan mental anak dalam menghadapi tekanan dan tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kesempatan bagi orang tua untuk berbagi pengalaman mereka dalam mendukung anak-anak mereka dalam menentukan pilihan karir memang sangat penting dimasa sekarang dan para orang tua memang butuh banyak informasi.” tutur Bp. Andy salah seorang Orang tua peserta didik pada sesi tanya jawab.

Pada sesi terakhir ditutup Paparan tentang program-program yang ditawarkan oleh Binus University. Informasi mengenai jalur penerimaan mahasiswa baru, beasiswa, dan bantuan pendanaan lainnya dan doa penutup.

“Harapannya, acara ini akan memberikan wawasan dan dukungan kepada orang tua dalam membimbing anak-anak mereka dalam mengambil keputusan yang tepat untuk masa depan mereka.” tutur Fransisca Rindriyarti, S.Pd.

“Acara ini juga akan memberikan pengetahuan dan dukungan kepada orang tua dalam memahami dan mengatasi tantangan dalam mendidik anak-anak mereka serta memperkuat kerjasama antara sekolah dan keluarga dalam mendukung perkembangan siswa.” tutur Kons Win, panggilan akrab Konselor di SMA Santo Yosef.

Penulis: Lukas Mileniawan

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.