Home » Belajar dari Sang Pelopor Pendidikan, Thomas Semarakkan Semboyan Ki Hajar Dewantara di Hari Pendidikan Nasional  

Belajar dari Sang Pelopor Pendidikan, Thomas Semarakkan Semboyan Ki Hajar Dewantara di Hari Pendidikan Nasional  

oleh Milawati Agustina Simanjuntak

Tanjungpinang, YTKNews.id—SMAS Katolik Santa Maria baru-baru ini peringati hari Pendidikan Nasional di lapangan sekolah. Sekolah yang terlatak di jalan Anggrek Merah, Tanjungpinang ini melaksanakan upacara yang merupakan agenda tahunan tentunya sebagai wujud peringatan akan perjuangan pahlawan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, Kamis, 2 Mei 2024.

Pada momen kali ini,  upacara di lapangan sekolah SMAS Santa Maria diwarnai dengan beragamam pakaian khas daerah masing-masing. Tidak hanya siswa, melainkan guru dan karyawan turut menggunakan pakaian tersebut untuk memeriahkan hari pendidikan nasional yang saat itu sedang berlangsung.

Kepala SMA Santa Maria, Thomas Mas Leiden, S.Pd  yang menjadi pembina upacara saat itu menyampaikan 3 hal yang pernah dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara. Sang pelopor pendidikan yakni Ki Hajar Dewantara pernah menyampaikan 3 semboyan yang diambilnya dalam bahasa Jawa yakni, Ing Ngarsa Sung Tuladha yang artinya di depan sebagai contoh,  Ing Madya Mangun Karsa artinya di tengah memberi semangat, dan Tut Wuri Handayani artinya di belakang memberi dorongan.

Dalam pemaparan pidato singkat, beliau menyuarakan agar peserta didik mampu berperilaku dan bersikap seperti semboyan yang telah disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara. Karena melalui semboyan tersebut, peserta didik mampu menjadi contoh, pemberi motivasi dan semangat dalam mengemban tugas sehari-hari khususnya tugas di sekolah.

Tak hanya upacara, SMAS Katolik Santa Maria segera melanjutkan rangkaian kegiatan yang telah disusun oleh pengurus OSIS. Hari itu menjadi hari yang menyenangkan bagi siswa-siswi SMAS Santa Maria. Adapun kegiatan yang mewarnai hari itu adalah lomba fashion show antar kelas, lomba menyanyi lagu daerah, dan lomba foto bersama wali kelas. Memang sangat singkat namun penuh warna. Itulah yang mewarnai kegiatan SMAS Santa Maria pada momen Hari Pendidikan Nasional tahun ini. (mil)

Kontributor: Efrillya Damayanti, S.Pd

Anda mungkin juga suka