Home » Agak Lain, Rekoleksi Guru dan Karyawan SD Santa Agnes Terjadi di 2 Kota

Agak Lain, Rekoleksi Guru dan Karyawan SD Santa Agnes Terjadi di 2 Kota

oleh Kordianus Nodin

Belinyu, YTKNews.id— Rekoleksi para guru dan karyawan dari SD Katolik satu-satunya di Belinyu kali ini, terjadi agak lain. Pasalnya, kali ini, para Guru dan Karyawan SD Santa Agnes Belinyu memilih 2 kota spesial untuk melaksanakan rekoleksi. Dua kota itu, Jakarta dan Bandung.

sambil menyelam minum air, seakan-akan jadi spirit yang mendasari kegiatan rekoleksi para guru dan karyawan SD satu-satunya milik Yayasan Tunas Karya (YTK) di wilayah Bangka bagian utara itu. Sebab, mereka terlihat,  sambil merekoleksi,seketika itu juga, mereka berziarah atau wisata rohani.

Lantas, lamanya kegiatan ini pun, 6 hari, dari tanggal 20 mei sampai 25 mei 2024. Kegiatan Rekoleksi kali ini mengusung tema “Spiritualitas Komunitas dalam Pelayanan”.

Guru dan karyawan SD Santa Agnes Belinyu memaknai kegiatan ini sebagai awal semangat yang baru dalam pelayanan. Sekaligus juga melatih hidup rohani, evaluasi diri, dan menumbuhkan rasa ingin berubah ke arah yang lebih baik. Lantas, Wisma Pratista Bandung yang dikenal sangat sejuk dengan keaslian keindahan alamnya menjadi tempat pilihan untuk sejenak merefleksikan diri.

RD. Paulus Juju Junaedi, OSC atau yang akrab disapa Romo Juju selaku tim Ret-ret Wisma Pratista Cimahi Bandung dalam sambutannya sebelum memulai rekoleksi menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan dari seluruh Guru dan karyawan SD Santa Agnes Belinyu yang telah memilih wisma Pratista Bandung sebagai tempat rekoleksi. Kata romo yang berasal dari USA ( Urang Sunda Asli) tersebut.

Setelah sambutannya, Romo Juju yang Juga sebagai Pemateri Rokeleksi langsung memberikan rekoleksi bagi seluruh Guru dan karyawan SD Santa Agnes Belinyu. Materi kali ini betul-betul membuat para guru dan karyawa Santa Agnes tertegun, bagaimana tidak Romo Juju membuka materinya dengan dialog sederhana yang membuat suasana keakraban itu tercipta. Dalam materinya Romo Juju menegaskan lima hal penting dalam  pelayana yaitu; Kejujuran, Kerendahan hati, Menghargai, Di Percaya, Berani Mengorbankan Waktu. Lima hal ini sangat penting bagi kita untuk melayani. Ujar Romo Juju yang dikenal sangat humoris itu.

Sebelum mengakiri materi rekoleksi Romo Juju menyiapkan permainan “Tebak Gaya” dengan kalimat Jantung Sehat dan Buah Tangan. Sontak, permainan ini membuat riuh seisi ruangan. Bagaimana tidak, gaya yang diperagakan oleh guru dan karyawan Santa Agnes ini bervariasi dari depan sampai belakang bahkan sangat jauh dari jawaban sebenarnya. Situasi inilah yang membuat kehebohan dan kedekatan antara Romo Juju tercipta.

Rangkaian kegiatan rekoleksi diakhiri dengan misa perutusan yang kembali dipimpin oleh Romo Paulus Juju Janaedi, OSC yang menegaskan kembali 5 hal dalam pelayanan baik sebagai guru maupun karyawan SD Santa Agnes Belinyu.

Selain rekoleksi, Guru dan karyawan SD Santa Agnes juga melengkapi perjalanan dengan mengunjungi  beberapa tempat wisata baik yang ada di Jakarta maupun di Bandung sebagai rekreasi bersama. Ketika di Jakarta, Tugu Monas sebagai tempat persinggahan pertama untuk dikunjungi, setelah itu lanjut ke kota tua atau yang dikenal dengan sebutan Batavia lama.

Hari Kedua di Jakarta kurang lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi pasar tanah abang. Setelah berbelanja di Pasar Tanah Abang para guru dan karyawan SD Santa Agnes melanjutkan perjalanan menuju Gereja Katedral Jakarta yang terletak di Jl. Katedral No.7B, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat. Di lokasi gereja Katedral ini tampak ramai orang berkunjung, baik sekedar foto untuk menikmati keunikan gedung yang sangat perkasa yang berdiri 100 tahun yang lalu, juga ada yang melakukan devosi di gua maria yang ada disekitaran Gereja Katedral ini.

Tak hanya di Jakarta, perjalanan wisata rohani dari Guru dan karyawan SD Santa Agnes ini berakhir di Bandung. Tempat persinggahan pertama di bandung yaitu menikmati suasana sekitaran Wisma Pratista Cimahi Bandung, tempat ini punya karisma tersendiri dengan keaslian keindahan alamnya membuat para pengunjung enggan untuk pulang. Di wisma ini kita bisa menikmati keaslian alam yang tertata dan terjaga dengan baik, menikmati tempat prosesi jalan salib yang panjangnya kurang lebih 800 meter, menyaksikan proses pembuatan lilin, pembuatan hosti hanya saja untuk tempat pembuatan hosti tidak bisa dilihat secara langsung.

Setelah menikmati Susana sekitaran Wisma Pratista, Para Guru dan karyawan SD Santa Agnes menikmati suasana wisata Farms Haus Lembang Bandung, Gunung Tangkuban Parahu dan Pusat oleh-oleh Bandung.

Kepala sekolah SD Santa Agnes Belinyu, Anselmia Aleksa, S.Pd, mengaku sangat terkesan akan perjalanan rekoleksi kali ini. Ia sangat berharap melalui kegiatan ini para Guru dan karyawan SD Santa Agnes semakin semangat dalam menjalankan tugas dan panggilan baik sebagai pendidik maupun sebagai karyawan.

“Saya sangat bersyukur kepada Tuhan karena kegiatan rekoleksi kita dapat berjalan dengan baik dan lancar. Harapannya sekembalinya dari kegiatan ini kita betul-betul memaknai 5 poin penting sebagai pesan dalam rekoleksi kita kali ini,” ungkap Aleksa Mantan Kepala sekolah TK Agnes tersebut. (sfn)

Reporter : Tim Humas SD Santa Agnes

Anda mungkin juga suka