Home » Keseruan Retret Bersama Asrama Santa Theresia

Keseruan Retret Bersama Asrama Santa Theresia

oleh Alexia Dea Ariyanti

Pangkalpinang, YTKNews.id – Jumat (10/5/2024), Asrama Santa Theresia mengadakan retret di Puri Shadana selama 3 hari 2 malam. Kegiatan ini melibatkan seluruh penghuni asrama. Retret adalah kegiatan untuk saling meluangkan waktu saling merefleksikan diri. Tujuan kegiatan ini yakni menambah pengetahuan, mempererat tali persaudaraan, meluangkan waktu untuk diri, dan lain sebagainya.

Kegiatan pertama diawali dengan penyampaian materi oleh Bu There yang mengusung tema “Melakukan Hal-Hal Kecil dengan Cinta yang Besar”. Melalui tema ini anak-anak belajar bahwa tidak semua dapat melakukan hal-hal yang besar, tetapi juga dapat melakukan hal-hal yang kecil dengan cinta yang besar.

Di hari kedua, kegiatan jauh lebih banyak dibandingkan dengan hari sebelumnya. Diawali dengan jogging bersama yang dimulai pada pukul 05:00 WIB. Lalu dilanjutkan dengan penyampaian mater tentang sukacita melayani Tuhan dalam hidup Bersama. Lewat materi tersebut anak-anak dapat belajar untuk melayani dengan sukacita, sukacita mendatangkan hal-hal yang baik. Salah satu cara ampuh memelihara sukacita adalah mengizinkan roh kudus hadir memimpin umatnya. Siangnya kegiatan dilanjutkan dengan game outbound. Permainan outbound yang dimainkan adalah estafet tepung dan air. Anak-anak sangat antusias dengan permainan ini. Bahkan mereka sama sekali tidak takut kotor.

Outbound paling seru adalah saat malam hari. Anak-anak  saling bergandengan tangan dan memasuki hutan. Tidak ada percakapan selama perjalanan. Semua diam dan fokus dengan jalan yang gelap sembari mendengarkan arahan. Sesampainya ditempat ternyata tempat itu adalah kuburan, mereka dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membersihkan dan mendoakan kuburan tersebut. Setelah itu mereka kembali ke aula duduk melingkar dengan mata mereka ditutup menggunakan penutup mata yang sudah dibagikan. Satu persatu akan diarahkan untuk berjalan sendiri di hutan, pertama berjalan mengikuti cahaya lilin lalu mencari tali dan mengikuti tali tersebut dengan mata tertutup. Setelah selesai outbound malam, mereka disuruh membersihkan diri dan menulis pesan dan kesan.

Hari ketiga adalah hari terakhir retret yang dimulai dengan sarapan bersama di aula. Sesampainya di aula mereka diajak gerak dan lagu, bermain game, dan masuk dalam materi. Materi ketiga berisi tentang membangun solidaritas dan kreativitas dalam hidup bersama. Materi ini mengajarkan anak-anak untuk belajar tentang solidaritas dengan sesama dan membangun sesuatu yang baru dengan menggabungkan hal yang sudah ada dan menciptakan hal yang baru. Setelah itu, retret pun berakhir  dan anak-anak membereskan barang dan bersiap pulang.

Penulis: Kezia Artalita

Anda mungkin juga suka