Home » 30 Peserta Didik SMP Santa Theresia Ikuti Uji Coba Asesmen Non Akademik

30 Peserta Didik SMP Santa Theresia Ikuti Uji Coba Asesmen Non Akademik

oleh Marcelina Sandra

Pangkalpinang, YTKNews.id — 30 peserta didik SMP Santa Theresia mengikuti uji coba asesmen non akademik tahap II yang merupakan program dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemendikbud RI pada 9 Oktober lalu. Dari Tujuan diadakan asesmen non akademik ini adalah untuk mendapatkan informasi karakteristik dan mengidentifikasi potensi setiap peserta didik dan mengukur kemampuan peserta didik diluar mata pelajaran untuk melanjutkan pendidikan di jenjang berikutnya. Untuk uji coba asesmen ini diikuti oleh anak-anak kelas 9. Mereka berasal dari kelas yang berbeda-beda. Asesmen ini merupakan hal baru yang dialami oleh peserta didik, apalagi baru pertama kali dilakukan. Se-Pangkalpinang ada 10 sekolah yang dipilih, 5 sekolah negeri dan 5 sekolah swasta, SMP Santa Theresia menjadi salah satu sekolah yang terpilih.

Tidak adanya hambatan berarti selama uji coba asesmen non akademik ini sehingga pelaksanaan asesmen berjalan dengan tertib dan lancar. Antusias peserta didik juga sangat tinggi dalam mengerjakan soal-soal asesmen terlihat dari keseriusan mereka dalam membaca dan menjawab soal asesmen yang diberikan. Tidak ada persiapan khusus yan dipersiapkan anak-anak dalam mengerjakan uji coba asesmen ini namun hal yang paling penting adalah kesiapan diri dan fokus yang dibutuhkan dalam mengerjakan soal-soal yang ditampilkan.

peserta sedang mengikuti uji coba

“Soal yang dikerjakan mengajak logika untuk berpikir, jadi harus fokus untuk mengerjakan soal-soalnya..” ujar Nelsen, salah satu peserta asesmen.

“Meskipun susah dan terasa kurang waktunya, tetapi saya coba untuk menyelesaikan. Akhirnya semua soal terjawab.” lanjutnya.

Meskipun demikian, harapan dengan adanya asesmen non akademik ini peserta didik menjadi tahu potensi dan bakat yang ada pada diri mereka sehingga mereka mampu mengembangkan potensi dan bakat mereka di jenjang berikutnya. (san)

Kontributor: Yoseph Wisnu Prabowo

Anda mungkin juga suka