Home » Ketika Guru-guru TK Santa Maria ‘Menyulap’ Barang Bekas Menjadi Alat Permainan Edukatif

Ketika Guru-guru TK Santa Maria ‘Menyulap’ Barang Bekas Menjadi Alat Permainan Edukatif

oleh Suwito

Mentok, YTKNews.id–Dunia Pendidikan Anak Usia Dini adalah dunia yang tidak terlepas dari bermain dan juga berbagai alat permainan anak-anak. Salah satunya sarana belajar bagi anak PAUD adalah alat permainan edukatif yang lebih dikenal dengan APE. Alat permainan edukatif ini dapat membantu mengembangkan kecerdasan anak, keterampilan motorik serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan.

Alat permainan edukatif, Kreatif dan Inovatif tidak mesti alat permainan yang mahal dan bagus, namun guru-guru TK Santa Maria berupaya mencoba mengembangkan dan membuat sebuah APE yang terbuat dari bahan-bahan bekas. Kegiatan membuat APE ini tidak hanya dilakukan oleh guru-gurunya saja namun Kepala sekolahnya juga ikut turun tangan dalam membuat.

Dengan sedikit sentuhan, Kepala Sekolah dan juga guru-guru mengubah barang-barang bekas tersebut menjadi media bermain sekaligus penunjang pembelajaran peserta didik dan yang terpenting murah meriah. Kepala Sekolah dan juga guru-guru begitu semangat dan serius dalam membuat APE.

“Banyak guru PAUD yang berpendapat bahwa memperoleh Alat Permainan Edukatif (APE) dengan cara membeli adalah cara yang paling mudah, ekonomis dan tidak merepotkan. Namun jika para guru mau berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan APE dari barang-barang bekas maka tentu saja akan lebih ekonomis lagi,” ujar Sumiyati, S.Pd, selaku Kepala Sekolah TK Santa Maria.

“Jadi APE ini merupakan alat-alat permainan yang dirancang dan dibuat untuk menjadi sumber belajar anak-anak TK agar mereka mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan,” ujar Septriana, salah satu guru TK Santa Maria. Para guru TK juga bisa lebih kreatif dalam merancang dan membuat Alat permaian edukatif untuk meningkatkan perkembangan anak seperti emosional, motorik, bahasa, kognitif dan seni.

Anda mungkin juga suka