Home » Upacara HUT RI di Kompleks Sekolah Yos Sudarso Berlangsung Lancar dan Memukau

Upacara HUT RI di Kompleks Sekolah Yos Sudarso Berlangsung Lancar dan Memukau

oleh Dwiky Natalia

Batam, YTKNews.id- Sekolah Yos Sudarso memperingati HUT ke-79 RI pada hari Sabtu, 17 Agustus 2024. Upacara bendera yang dilaksanakan oleh semua unit di kompleks Yos Sudarso dari tingkat SD hingga SMA berjalan dengan lancar. Upacara memperingati ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ini dilaksanakan di lapangan upacara kompleks Yos Sudarso dengan inspektur upacara Kepala Komite Sekolah Bapak Thomas Suprapto, S.E.,M.M.

Momentum upacara 17 Agustus di Yos Sudarso ini berlangsung sangat meriah. Upacara yang dihadiri oleh semua unit di kompleks Yos Sudarso ini semakin memperkuat kekompakan dan kebersamaan. Hal ini dilihat dari partisipasi setiap unit yang ambil bagian dalam upacara ini. Unit SD bertugas sebagai paduan suara mengiringi rangkaian upacara. SMP mengambil bagian sebagai protokol, pembawa teks Pancasila, pembaca UUD 1945, dan pembaca doa. Sedangkan SMA bertugas sebagai pemimpin upacara, pemimpin barisan, dan pasukan pengibar bendera pusaka (paskibra). 

Upacara HUT RI di sekolah Yos Sudarso dimulai dengan para pemimpin barisan menyiapkan barisannya masing-masing. Kemudian dilanjutkan dengan laporan pemimpin upacara kepada inspektur upacara. 

Hal yang paling dinantikan dalam upacara ini adalah pengibaran bendera merah putih yang dipimpin oleh anggota Paskibra SMA Yos Sudarso. Suara hentakan kaki para anggota Paskibra menarik perhatian peserta upacara pada momen itu. Pengibaran bendera yang diiringi lagu kebangasaan Indonesia “Indonesia Raya” sontak membuat seluruh peserta upacara mengambil sikap tegap hormat kepada Sang Saka.

 

Paskibraka SMAKYS 2024

Upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang membuat para peserta upacara larut dalam keheningan mengenang jasa para pahlawan bangsa. Doa yang dipimpin oleh petugas upacara melantunkan rasa syukur atas kemerdekaan yang bisa dinikmati sampai saat ini. Tak lupa pula dalam doa dititipkan harapan untuk nasib negara Indonesia yang semakin baik ke depannya.

Dalam amanatnya, Bapak Kepala Komite Sekolah Yos Sudarso menyampaikan agar momen kemerdekaan ini dijadikan sebagai momen ucapan syukur dan kebanggaan atas pencapaian bangsa Indonesia. Beliau juga mengharapkan seluruh siswa Yos Sudarso untuk dapat meneruskan perjuangan ini dengan mengembangkan kreativitas dan inovasi.

Upacara ditutup dengan menyanyikan lagu-lagu nasional yang semakin menambah semangat para peserta upacara. Uniknya pada momen ini para guru yang berdiri di barisannya bernyanyi bersama dengan iringan tepuk tangan yang meriah membuat siswa siswi pun semakin bersemangat.(DN)

Kontributor: Agnes Theresia de Rosari

Anda mungkin juga suka