Home » Bersama Pelatih Ahli, TK Maria Mentok Laksanakan Forum Group Discucsion Sekolah Penggerak

Bersama Pelatih Ahli, TK Maria Mentok Laksanakan Forum Group Discucsion Sekolah Penggerak

oleh humas YTK

Mentok, YTKNews.id – TK Santa Maria Mentok melaksanakan kegiatan Forum Group Disccusion (FGD) sekolah penggerak pada tanggal 24 sampai 25 Mei 2022. Kegiatan ini dilakukan bersama pelatih ahli dari LPPM yaitu ibu Oktavia Asmira, M.T.

Hari pertama kegiatan guru-guru yang didampingi pelatih ahli ini membahas materi tentang bagaimana merancang kegiatan bermain kreatif kurikulum merdeka.

Tak hanya itu saja perencanaan ini dibagi tiga bagian yaitu perencanaan jangka menengah, perencanaan tahunan, dan dokumen anggaran. Untuk hari kedua dilanjutkan guru-guru beserta pendamping ahli membahas materi rapot satuan pendidikan.

Rapor pendidikan dan perencanaan berbasis data adalah alat bantu bagi satuan pendidikan dan dinas pendidikan untuk turun bersama memperbaiki kualitas layanan pendidikan. Lalu apa saja yang ada di dalam Rapor Pendidikan?

Rapor Pendidikan terdiri dari indikator-indikator yang merefleksikan 8 Standar Nasional Pendidikan dan mencakup area yang berkaitan dengan input, proses, dan output pembelajaran. Rapor Pendidikan hadir bagi satuan pendidikan dan dinas pendidikan untuk bisa mengakses informasi tersebut.

Perencanaan berbasis data adalah proses yang berkelanjutan dan terintergrasi dalam siklus perencanaan satuan pendidikan.

Satuan pendidikan dapat melihat secara detail elemen-elemen per dimensi, sehingga dapat menggali kondisi capaian dan proses pembelajaran di tempat masing-masing.

Oktavia berharap satuan Pendidikan lebih mudah memiliki data hasil evaluasi melalui rapor Pendidikan ini.

“Sifatnya yang terintegrasi membuat semua aktivitas satuan Pendidikan bisa digunakan secara komprehensif, sehingga diharapkan Pendidikan di sekolah terencana dengan baik menggunakan basis data,” ujar Oktavia. *(nys)*

Penulis : Ivana Situmeang

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.