Home » Semarak Menyambut HUT RI ke-76 dengan Upacara Virtual dan Doorprize

Semarak Menyambut HUT RI ke-76 dengan Upacara Virtual dan Doorprize

oleh

(Foto: Upacara Virtual bersama Bapak/Ibu Guru)

Pangkalpinang, YTKNEWS.Id—-Lagi-lagi peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76 tahun ini harus dilakukan dalam situasi pandemi. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, berbagai kegiatan terpaksa dilaksanakan secara online. Padahal sebelum pandemi melanda, perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia setiap 17 Agustus selalu dirayakan dengan meriah.

Terkhusus tahun ini, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76 SMA Santo Yosef Pangkalpinang mengadakan upacara bendera secara virtual. Mengingat jumlah angka positif Covid-19 di Pangkalpinang semakin meninggkat mau tidak mau semua acara harus lewat daring. Upacara online diadakan dengan menggunakan media Aplikasi Zoom. Peserta melibatkan semua siswa-siswi SMA Santo Yosef berserta para guru dan para karyawan. Meski harus dilaksanakan dalam situasi pandemi, tidak akan menghilangkan nilai-nilai nasionalisme dan rasa cinta tanah air.

Upacara dilakukan perkelas dengan didampingi oleh wali kelas dan guru pendamping. Upacara diawali dengan penghormatan kepada bendera merah putih dan diiringi lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Dilanjutkan dengan Mengheningkan Cipta, Pembacaan Teks Proklamasi, Pembacaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, Pembacaan Teks Pancasila, dan amanat dari wali kelas serta ditutup dengan menyanyikan lagu-lagu wajib nasional. Tidak sampai disitu, diacara penutup sekolah membagikan doorprize kepada siswa-siswi. Doorprize berbentuk voucher senilai Rp4.750.000,00 yang dibagikan untuk 19 kelas.

(Foto: Kuis bagi-bagi Dooprize berupa voucher)

Cara pembagian doorprize untuk siswa-siswi dilakukan oleh wali kelas dan guru pendamping dengan cara siswa menjawab kuis yang telah disiapkan oleh sekolah. Satu pertanyaan Rp.50.000,- Ada 5. Jumlah pertanyaan yang ditanyakan pada masing-masing kelas ada 5 pertanyaan. Soal-soal yang ditanyakan berkaitan dengan peristiwa sejarah yang berkaitan dengan Proklamasi Kemerdekaan. Siswa yang dapat doorprize uangnya ditransfer ke rekening siswa.

(Foto: Hadiah Doorprize)

Tidak hanya siswa-siswi saja yang mendapatkan doorprize, para guru dan karyawan pun tidak mau kalah. Berbeda dengan siswa, doorprize bagi para guru dan karyawan berupa barang-barang yang berguna untuk keperluan rumah tangga. Hadiahnya macam-macam ada cangkir, piring, botol minum dan masih banyak lagi. Sistem pembagian doorprize menggunakan lucky spin dengan memutar rolet. Nama yang muncul akan beruntung mendapatkan hadiahnya. Para guru dan karyawan sangat antusias saat bagi-bagi doorprize.

Namun semua kegiatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76 tahun ini hanya melalui online, tapi tidak akan menghilangkan semangat nasionalisme. Situasi pandemi yang dirasa sangat sulit tidak akan menghentikan kita untuk terus berkarya dan melakukan hal yang terbaik. (***)

Reporter: Alexia Dea Ariyanti         

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.