Home » RD Yudi : Peletakan Batu Pertama SMA Yos Sudarso, Bukan Ikonik Tetapi Menjawab Kebutuhan Ruang Kelas

RD Yudi : Peletakan Batu Pertama SMA Yos Sudarso, Bukan Ikonik Tetapi Menjawab Kebutuhan Ruang Kelas

oleh humas YTK

Batam, YTKNEWS.ID—Terkait dengan peletakan batu pertama SMA Yos Sudarso Batam Centre, ternyata memiliki banyak nilai dan pertimbangan di dalamnya. Bukan untuk sekedar bangunan ikonik tetapi untuk menjawab kebutuhan ruang SMA Katolik Yos Sudarso (SMAKYS) Batam. Nah, berikut YTKNEWS.ID memuat hasil wawancara kami dengan Bendahara Yayasan Tunas Karya Pangkalpinang , RD Yudi Kristianto, MM. Finance. Wawancara ini diadakan di Pastoran St Petrus Lubuk Baja Batam, Minggu, 23 Januari 2022

  1. Pada masa pandemi, ini YTK masih membangun dengan ditandai peletakan batu pertama SMAKYS. Tentu ada tujuan yang lebih luhur di dalamnya. Apa tujuan peletakan batu pertama SMAKYS kemarin, sabtu 22 Januari 2022?

Terkait dengan pembangunan peletakan batu pertama SMA Yos, bukan bermaksud untuk sekedar membangun bangunan besar dan ikonik, tetapi hal mendasar yang menjadi alasan adalah, karena masih kurangnya ruang belajar bagi para siswa/i. Selama ini SMA Yos masih meminjam Gedung TK Yos 2 dalam proses pembelajaran, karena gedung yang ada sudah tidak mencukupi, meskipun sudah mensiasati beberapa ruang untuk dialih fungsikan dan dikondisikan sebagai kelas.

  1. Untuk depan, rencananya akan menjadi bagaimana?

Untuk kedepannya, adanya gedung baru SMA Yos, bukan sekedar menjawab kebutuhan ruang belajar bagi SMA, tetapi juga untuk mengatasi kekurangan ruang belajar bagi SD dan SMP Yos. Kita tahu selama ini SD Yos kelas 2 masuk siang, karena ruang yang tidak mencukupi. Sedangkan SMP Yos sendiri dalam beberapa tahun ini sudah memakai beberapa ruang seni dan lab untuk ruang kelas. Maka, dgn adanya gedung baru SMA Yos, akan ada ruang kosong yang dapat dipergunakan bagi jenjang SD dan SMP, yang masih mengalami kekurangan ruang kelas.

  1. Mengapa terjadi seperti mengejutkan?

Bagi sebagian besar pihak yg baru mendengar, mungkin terasa mengejutkan pembangunan gedung SMA Yos ini. Namun, sebenarnya rencana ini bukan mendadak atau tiba-tiba terjadi. Proses ini sudah diberlangsung beberapa tahun lalu, mulai dari pembahasan akan adanya kebutuhan ruang belajar di komplek batam center, pembahasan rencana pembangunan gedung dan lokasinya, pembahasan rancangan gedung dan skema pembiayaannya, dan lain sebagainya. Bahkan, gambar kerja dan RAB gedung SMA Yos, sudah selesai dikerjakan 2 tahun lalu. Kita tidak bisa memproses karena masalah pandemi dan adanya proyek lain yang sedang berjalan, yakni pembangunan gedung SMK Tunas Karya di Pangkalpinang, yang membutuhkan biaya yg tidak sedikit.

  1. Lantas, pelaksanaannya terjadi pada HUT Yos Sudarso Tentu punya makna khusus? Apa maknanya?

Momen pelatakan batu pertama pada saat Ultah Yos sudarso, YTK hendak memberi pesan kepada seluruh pegawai bahwa YTK terus memberi perhatian akan tersedianya sarana belajar yang memadahi, nyaman dan representatif untuk lingkungan batam center, meskipun pandemi belum berlalu sepenuhnya. Peletakkan batu pertama tersebut menjadi hadiah bagi keluarga besar YTK, secara khusus untuk mereka yang berkarya di Komplek

Sekolah Yos Batam Center. YTK berharap hadiah tersebut menjadi penyemangat bagi semua pegawai, agar mampu menyajikan dan mempertahankan tradisi pendidikan yang unggul dalam mutu dan terdepan dalam pelayanan. (***)

RD. Yudi Kristianto (Bendahara YTK)

RD. Yudi Kristianto (Bendahara YTK)

Reporter : RD Stefan Kelen

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.