Home » Proyek TK Maria Muntok Pelajar Pancasila Mengenal Kearifan Lokal

Proyek TK Maria Muntok Pelajar Pancasila Mengenal Kearifan Lokal

oleh humas YTK

Muntok, YTKNews.id – Sebagai salah satu sekolah penggerak milik Yayasan Tunas Karya (YTK), TK Santa Maria melaksanakan kegiatan proyek profil pelajar pancasila. Tema yang diangkat kali ini adalah kearifan lokal dengan mempelajari tahapan pembuatan makanan khas Bangka. Sebagai sekolah yang bertempat di daerah kaya akan budaya, maka budaya atau kearifan lokal yang dimiliki perlu dijaga dan dilestarikan agar nilai keasliannya tetap ada.

Anak-anak TK Santa Maria bersama para guru membuat berbagai makanan khas untuk praktik melestarikan kearifan lokal. Beberapa makanan yang dibuat yaitu seperti empek-empek, lempah kuning dan kue jongkong.

Bahan yang sudah dipersiapkan para guru nampaknya membuat anak-anak bersemangat. Proyek ini menjadi awal yang baik untuk menghidupkan kembali kearifan lokal yang sudah mulai hilang dan kurang diminati oleh generasi muda.

Kepala TK Maria, Sumiyati,S.Pd mengatakan bahwa sangat diharapkan agar proyek seperti ini tetap ada sehingga kita dapat kembali menjaga nilai-nilai luhur budaya warisan.

“Anak-anak harus kita kenalkan dengan makanan khas Bangka. Bersamaan dengan program sekolah penggerak, kami coba menghidupkan kembali nilai tradisional dalam modul proyek pelajar Pancasila,” tutur Sumiyati, Senin (14/03/22).

“Para peserta didik diharapkan mampu berliterasi terkait sejarah, asal-usul, dan tata cara pembuatan yang menghasilkan kualitas yang bagus. Kegiatan seperti ini akan dilakukan dengan baik dan efektif. Salam bergerak,” sambung kepala sekolah lagi. nys

Reporter : Ivana

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.