Home » Gelar Webinar, Perpustakaan Sekolah YTK Siap Jadi Tempat Wisata Bagi Siswa

Gelar Webinar, Perpustakaan Sekolah YTK Siap Jadi Tempat Wisata Bagi Siswa

oleh humas YTK

Batam, YTKNews.id – Peran perpustakaan sekolah bisa dikatakan sebagai sumber informasi, pusat belajar, tempat membaca yang menyenangkan, dan tempat inspiratif bagi pemustaka. Perpustakaan bukan menjadi tempat tumpukan buku-buku paket yang sudah tidak dipakai, tapi diharapkan mampu menjadi tempat wisata bagi siswa. Perpustakaan juga menjadi garda terdepan dan dapat bersinergi dengan tenaga pendidik.

Dalam rangka satu tahun tim penggerak perpustakaan sekolah Yayasan Tunas Karya (YTK), diadakan webinar pustakawan YTK wilayah Batam dengan mengangkat tema ‘Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah’.

Bertempat di ruang serba guna SMA Yos Sudarso Batam, kegiatan di gelar Sabtu, 14 Mei 2022 pukul 09.00 hingga 13.00 WIB secara tatap muka dan di hadiri Kepala Bidang Layanan Otomasi dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Kepala Perpustakaan Univers Kota Batam, Pustakawan Perpustakaan Daerah Batam, Kepala Sekolah TK sampai SMA Yos Sudarso, dan Pustakawan sekolah YTK di Batam.

Mg.Widiastuti, S.I.Pust selaku pustakawati SD Yos Sudarso I mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan pemberdayaan dan pelayanan perpustakaan sekolah di unit karya se-YTK.

“Kegiatan ini sangat bagus dan perlu dilakukan secara berkala demi perkembangan perpustakaan sekolah YTK. Semoga ke depannya dapat menjalin kerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk menunjang kualitas agar lebih baik dalam pengelolaan dan penyelenggaraan perpustakaan sekolah,” tutur Widiastuti, Rabu (18/05/22).

Tak hanya secara tatap muka, webinar juga diikuti secara daring bagi pesertda yang berada diluar kota Batam. Dihadiri oleh RD. Servarsius Samuel, S.Psi., M.Psi. Psikolog selaku ketua YTK, Kepala divisi YTK, Kepala sekolah TK,SD,SMP,SMA dan seluruh tenaga perpustakaan se-YTK diluar Batam.

Romo Samuel mengatakan bahwa Yayasan siap mendukung kegiatan seperti ini demi perkembangan perpustakaan sekolah dengan berpedoman sesuai standar nasional.

“Pustakawan bukan hanya unggul di unitnya masing-masing tapi dapat saling bekerjasama dan bersinergi dalam mengembangkan semua perpustakaan sekolah,” ungkap Romo psikolog tersebut.

Lebih lanjut para narasumber pun mengatakan bahwa perpustakaan sekolah harus terintegrasi oleh program yang ada di pendidikan dan di kelola sesuai dengan standar nasional. *(nys)*

Reporter : N. Yuliasari

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.