Home » SD Hilarius Punya Klub Jurnalistik, Alumninya Jadi Menthor

SD Hilarius Punya Klub Jurnalistik, Alumninya Jadi Menthor

oleh humas YTK

Parittiga, YTKnews.id—Foto-foto ini, bercerita tentang latihan penggunaan kamera bagi siswa-siswi journalistic club di SD Hilarius. Pelatihnya bukan dari pihak luar, tetapi alumni SD dan SMP St Hilarius. Alumni itu Bernama Sheila Josephine. Usai tamat di SD dan SMP Hilarius,  Sheila melanjutkan sekolah ke SMK  pada jurusan Multimedia, dengan segudang karya di berbagai media.

Dimulai dari menjadi vlogger saat SMP, youtuber untuk konten musik instrumental hingga hari ini, fotografer, pelukis, dan berbagai jenis kesenian sezaman digelutinya. Saat ini, Sheila  melanjutkan sekolah untuk jurusan bisnis digital di Pangkalpinang.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai buah kelanjutan pelatihan Humas dan Promosi yang telah diselenggarakan Yayasan Tunas Karya pada tanggal 19 agustus 2022 kemarin, di Pangkalpinang.

Siswa-siswi yang tergabung dalam ekskul jurnalistik diberi gambaran dan contoh tentang apa itu foto jurnalistik, kemudian bagaimana menggunakan fitur-fitur pada kamera, untuk menghasilkan foto jurnalistik itu. Setelah pelatihan di Pangkalpinang, lahir gagasan untuk melakukan hal itu didukung oleh ketersediaan fasilitas. Sejak beberapa bulan terakhir, kepala sekolah SD Hilarius perlahan-lahan melengkapi berbagai fasilitas sekolah, yang menunjang perkembangan anak-anak. Tim ekskul jurnalistik SD Hilarius, pada awal bulan Agustus 2022 ini, kebagian kamera Canon.

Klub Jurnalistik di SD Hilarius, dibentuk sejak akhir semester 2, tahun pelajaran 2021-2022. Hadirnya club ini dimaksudkan agar dapat mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan anak-anak yang menggemari medsos. Club ini memiliki divisi-divisi, antara lain, divisi youtube, vlog, blog, web, Majalah Dinding, Seni Tulis Menulis (Sastra).

Divisi ini dibuat berdasarkan analisis sosial, tentang kebutuhan dan kebiasaan siswa-siswi beberapa tahun terakhir, hal ini didukung oleh  hadirnya seorang guru yang berijazah Ilmu Komunikasi, yang mengabdi di sekolah ini.

Berita-berita yang dikabarkan oleh club ini, bukanlah berita berat dan sangat serius. Semua berita merupakan rangkuman dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan SD Hilarius, sejak kelulusan tahun 2021-2022 kemarin.

Angle yang digunakan dalam setiap pemberitaan, merupakan angle yang ringan (soft), mudah dicerna, dapat dinikmati semua kalangan, dan pastinya menghindar dari angle-angle berita yang menimbulkan ketegangan dan konflik.

Semua itu dilakukan demi menyediakan ruang kreasi bagi anak-anak, membekali anak-anak dengan kemampuan-kemampuan teknis sederhana, dan berharap dengan kemampuan teknis sederhana itu, setidaknya mereka mampu menjawab tantangan zamannya sendiri.

Sampai saat ini, anggota dalam club ini sudah memiliki kartu namanya sendiri, sudah terlibat dalam beberapa event sekolah, memiliki blog (sudah ada), web (sedang dipersiapkan), akun youtube (youtube SD Hilarius juga dikelola oleh tim ini), mading (sedang dikerjakan), juga beberapa karya tulis siswa dan siswi yang akan dibukukan.

Kesibukan umum saat ini adalah sedang merancang berbagai persiapan untuk Ulang Tahun Yayasan Tunas Karya pada bulan september ini. Semua sedang berproses. Cita-citanya, mudah-mudahan dengan adanya club-club semacam ini, anak-anak dilatih bukan  lagi untuk sekedar berlomba, tapi juga menyediakan ekosistem yang layak bagi pertumbuhan jiwa raga makhluk hidup bernama siswa-siswi ini. Selanjutnya, agar anak-anak bisa memaksimalkan dirinya betul – betul sebagai manusia. *(sfn)*

Penulis : Chris Bombo

Anda mungkin juga suka

1 komentar

Sarah Wahyuningsih September 15, 2022 - 10:49 am

Bagus sekali SD Hilarius, maju terus, jadi inspirasi.

Balas

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.