Home » Dalam Forum Anak, 4 Utusan SMP St Theresia Berdinamika Bersama 100 Peserta Lainnya

Dalam Forum Anak, 4 Utusan SMP St Theresia Berdinamika Bersama 100 Peserta Lainnya

oleh Redaktur Ytknews

Pangkalpinang, YTKNews.id—Setelah 2 tahun tidak ada pertemuan, akhirnya diadakan kembali pertemuan Forum Anak kota Pangkalpinang. Tidak ketinggalan, SMP Santa Theresia juga mengirimkan perwakilan yaitu Aurellia Prianka Bunnanda, Marcellio Favian, Celine Aliana dan Erick Franklyn. Dan menariknya, Aurelia mewakili SMP St Theresia menjadi anggota pengurus Forum Kota Pangkalpinang.

Pertemuan ini dilaksanakan pada Rabu, 2 November 2022 di Aula SMK N 2 Pangkalpinang. Kegiatan ini dihadiri oleh 100  peserta didik dari sekolah-sekolah tingkat SMP sampSMA/SMK se-kota Pangkalpinang.

Selama kegiatan Forum inilah terjadi diskusi antar peserta didik yang dibagi dalam kelompok-kelompok. Forum anak inilah yang akan menjadi wadah untuk “pelopor” dan “pelapor”. Pelopor yang dimaksudkan adalah mengacu kepada bagaimana peran anak untuk lebih aktif dalam berbagai upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

Sedangkan pelapor mengacu pada apa yang dilihat dan dirasakan anak berkaitan dengan hambatan pemenuhan hak yang dialami oleh anak itu sendiri atau orang lain. Dengan diadakannya Forum Anak inilah anak-anak dapat memenuhi hak berpartisipasi untuk mewujudkan dunia yang layak bagi anak.

Utusan SMP St Theresia dalam Forum Anak

Selama kegiatan berlangsung, peserta didik turut berpartisipasi dalam forum diskusi yang membahas mengenai permasalahan yang sedang terjadi yang berkaitan dengan Pendidikan, Kesehatan (stunting), Lingkungan Keluarga Ramah Anak dan Hak Sipil serta Kebebasan.

Kegiatan semakin menjadi menarik karena ketika pemilihan kepengurusan banyak peserta didik yang mau turut terlibat tanpa terkecuali empat perwakilan dari SMP Santa Theresia.

Akhirnya setelah diskusi bersama, kegiatan pemilihan diadakan dengan demokrasi yakni voting dan salah satu utusan dari SMP Santa Theresia yakni Ananda Aurellia terpilih dan masuk ke nominasi duapuluh besar. Dua puluh peserta didik yang telah terpilih kemudian mengikuti tes berupa menulis visi dan misi yang dipresentasikan di depan Panitia.

Satu hal lagi yang membanggakan adalah Aurellia akhirnya terpilih mewakili SMP Santa Theresia yang akan menjadi pengurus inti Forum Anak Kota Pangkalpinang tahun 2022/2023.

“Luar biasa bangga, semoga Aurellia dapat berperan aktif dan dapat menyerukan suara-suara anak yang selama ini masih belum dianggap penting oleh kebanyakan orang..” ungkap Yoseph Wisnu Prabowo, guru Bimbingan Konseling yang turut mendampingi.

“Semoga ke depannya dalam kepengurusan ini dapat semakin mendorong kreatifitas Aurellia dalam berinteraksi sosial dengan banyak orang,” pungkas Wisnu, panggilan akrab para Santherian. (sfn-nys)

Reporter : Marcelina Sandra Dewi

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.