Home » Rayakan Hari Pahlawan, Siswa-siswi SD Santa Agnes Gelar Berbagai Lomba

Rayakan Hari Pahlawan, Siswa-siswi SD Santa Agnes Gelar Berbagai Lomba

oleh humas YTK

Belinyu, YTKNews.idPeringatan Hari Pahlawan 10 November selalu digelar untuk mengapresiasi perjuangan para pahlawan yang telah membela Negara Republik Indonesia. Berbagai kegiatan dilakukan dengan melibatkan para pejuang untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan.

Makna Hari Pahlawan bagi siswa-siswi SD Santa Agnes, di mata Wakil Kepala SD St Agnes Belinyu, Kordianus Nodin, tidaklah muluk-muluk. “Makna Hari Pahlawan terlihat dalam kehidupan sehari-hari, seperti mempertahankan kemerdekaan dengan belajar tekun, meraih prestasi di bidang yang diminati, menolong teman yang sedang kesusahan, dan membiasakan untuk mengucapkan terima kasih, maaf, serta tolong kepada orang lain,” ujar pria yang berasal dari Flores ini.

Ia pun mengajarkan pula sejak dini mengenai disiplin, sebagai cara anak didinya memaknai jasa-jasa Pahlawan. “Misalnya, masuk sekolah tepat waktu, mengerjakan PR di rumah, mengajari antri membeli makanan, dan lainnya.

“Pada peringatan hari pahlawan nasional tahun 2022, kita melaksanakan kegiatan lomba yaitu untuk kelas 1-3 lomba mewarnai dan baca puisi.Sedangkan untuk kelas 4-6 lomba meniru gambar dan pidato,” pungkas Wakil Kepala Sekolah SD Santa Agnes Belinyu.

Perlombaan dengan tema pahlawan ini digelar sebagai bentuk memperingati hari pahlawan yang jatuh pada 10 November 2022.

Kordianus Nodin yang kerap disapa Rano mengatakan tujuan dari kegiatan diatas untuk meningkatkan kecintaan pada pahlawan. Selain itu juga sebagai sarana melatih percaya diri siswa untuk bisa tampil di depan umum.

Dia berharap kegiatan ini dapat membangkitkan kembali semangat pahlawan yang telah berjuang di era penjajahan. Karena sesuai dengan tema Hari Pahlawan tahun 2022 yaitu “Pahlawanku Teladanku” siswa siswi akan menjadikan pahlawan kemerdekaan sebagai idola, teladan dan panutan untuk membangun negeri.

Diakhir kegiatan lomba beliau berpesan kepada para generasi muda bangsa Indonesia khususnya para peserta didik SD Santa Agnes untuk senantiasa mengingat perjuangan dan pengorbanan para pejuang untuk melawan para penjajah demi meraih kemerdekaan. Kemerdekaan yang kini kita rasakan dan kita nikmati tidaklah diraih dengan mudah, penuh dengan pengorbanan dan perjuangan oleh para pahlawan.

Selain berbagai lomba, Jalan sehat  juga diadakan oleh SD Santa Agnes Belinyu pada Jumat (11/11/2022). Kegiatan yang diikuti oleh guru, pegawai dan siswa ini menempuh  jarak kurang lebih 500 km dari sekolah.

Sebelum kegiataan ini dimulai, peserta berkumpul di halaman sekolah untuk diberikan pengarahan yaitu harus menjaga kesopanan dan ketertiban selama di jalan.

Rano mengatakan, kegiatan ini perlu dilaksanakan untuk membiasakan dalam menciptakan jiwa dan lingkungan yang sehat terhadap siswa dan seluruh warga sekolah.

“Karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” ungkap Rano

Kegitaan ini diakhiri dengan makan bersama siswa, guru dan pegawai.Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengajak anak-anak mengonsumsi makanan sehat,membangun kebersamaan dan persaudaraan.

“Ini menjadi bagian dari pendidikan karakter yang diberikan di sekolah” pungkas Rano. (nys/sfn)

Siswa-siswi mengikuti lomba dengan semangat

Siswa-siswi mengikuti lomba dengan semangat

Reporter : Seravida Sada

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.