Home » Menuju Kurikulum Merdeka, Anak Didik TK St Theresia II Menghibur Opa Oma Panti Jompo Emaus

Menuju Kurikulum Merdeka, Anak Didik TK St Theresia II Menghibur Opa Oma Panti Jompo Emaus

oleh Redaktur Ytknews

Pangkalpinang, YTKNews.id—Sabtu pagi yang cerah TK Theresia II  datang mengunjungi para lansia di Panti Jompo Emaus yang berlokasi di jalan Bravo Pagkalpinang.  Pada hari Sabtu tanggal 17 Desember 2022.

“Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan sekolah menuju kurikulum merdeka. Agar anak dapat menghibur para lansia, berbagi kasih, melatih keberanian anak, melatih social anak yang berhadapan langsung dengan lansia, peduli pada orang-orang di sekitar, inilah sikap yang ditanamkan ke anak didik kami,” ujar Kepala Sekolah TK St Theresia II Pangkalpinang, Agnes Suwanni, S.Pd.AUD

Yang terlibat adalah kepala sekolah, guru dan karyawan, semua anak didik kels A dan B dengan jumah 65 anak berserta orang tua. Anak-anak diantar ke sana, dimulai dengan obrolan singkat dengan beberapa lansia yang masih sehat.

sejak dini, sudah bisa berbagi kasih

Kegiatan berlanjut dengan berdoa dan menghibur lansia dengan tarian, nyanyian dan memberi gift natal. Rasa peduli dari beberapa orang tua yang datang dengan membawa makanan, snack, dan buah-buahan. Jumlah para lansia di panti jompo Emaus berjumlah 12 orang, 7 perempuan dan 5 laki-laki.

Untuk tempat tinggal sekarang  mereka menempati gudang yang tidak terpakai, dikarenakan tempat tinggal awal mereka dibongkar dan direnovasi.

Pencetus awal berdirinya  panti Jompo adalah Bapak Yohanes Karmen pada tahun 80an dengan menempati bangunan dari papan, direnovasi di tahun 2002 menjadi tempat yang permanen. “Saat ini bangunan sedang direnovasi lagi, pembangunan ini memakan waktu selama kurang lebih 6 bulan, dan akan diresmikan pada tanggal 14 januari 2022,” imbuh Yohanes Karmen.

Kesan  dari kegiatan ini, para lansia merasa terhibur dengan kedatangan anak-anak TK yang imut dan lucu. Harapannya agar “untuk tahun depan dapat berkunjung kembali dengan bangunan yang baru” dari bapak Komen.

Kesan dari salah satu guru, kegiatan ini dilihat positif. “Kegiatan ini dilihat positif, karena untuk menumbuhkan rasa peduli pada orang yang lebih tua” kata Suryani.

Kepsek pun antusias bersama opa oma

“Ini adalah kegiatan yang bagus, supaya TK Theresia II sering mengadakan kegiatan yang menambah pengalaman dan dapat menumbuhkan rasa peduli pada sesame dan  dapat menambah pengalaman anak,” kesan dari  salah satu Orang Tua

“Selama ini hubungan sekolah dengan paroki terjalin dengan baik, salah satu contohnya kegiatan kami ini berkunjung ke panti jompo Emaus, salah satu bentuk kerjasama kami,” tutur Suwanni.  (***)

Reporter : Laurentia

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.