Home » Debut P5 SD Yos Sudarso 1 Batam Sukses Digelar

Debut P5 SD Yos Sudarso 1 Batam Sukses Digelar

oleh Dwiky Natalia

Batam, YTKNews.id- Selasa, 13 Juni 2023, SD Yos Sudarso 1 Batam Center mengadakan gelar karya dengan tema “Discovering Our World : Exploring Culture, Nature & Creativity”. Untuk pertama kalinya, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di lingkungan SD Yos Sudarso 1 Batam dilaksanakan. Saat ini, SD Yos Sudarso memang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka untuk jenjang kelas I & IV.

Acara yang bersifat terbuka ini dimulai dari jam 08.00 – 12.00 WIB. Acara dihadiri dan dimeriahkan oleh seluruh siswa kelas I-V SD Yos Sudarso 1 Batam dan tamu undangan. Para orangtua murid yang hadir tampak antusias ingin melihat penampilan anak-anaknya dalam pentas seni serta membeli hasil olahan makanan dan prakarya yang sebelumnya telah dibuat oleh para siswa. Tak ketinggalan, pengawas SD Kota Batam yaitu Bapak Humam Talupi, S.Pd., pun turut menghadiri gelaran proyek perdana SD Yos Sudarso 1 ini.

Dalam gelaran P5 ini, ada berbagai ragam dimensi dan tema yang ditampilkan oleh tiap kelas. Kelas I mengambil dimensi Berkebhinekaan Global yang menampilkan berbagai tarian daerah dari Sabang sampai Merauke dan dimensi “Gotong Royong” dengan menanam berbagai tanaman yang akan dijual kembali. Siswa kelas II mengambil dimensi “Kreatif” dengan berkreasi membuat figura dari kain flannel. Bila dikaitkan dengan tema, siswa-siswi fase A atau kelas I dan II mengambil tema proyek Kewirausahaan dan Bhineka Tunggal Ika.

Berbeda dengan adik kelasnya, siswa kelas III dan IV menampilkan dimensi “Kreatif” dalam karya mereka. Siswa kelas III membuat aksesoris sedangkan siswa kelas IV membuat aneka bumbu dapur dan olahan keripik. Tema untuk siswa kelas III dan IV adalah  Hidup Berkelanjutan & Rekayasa dan Teknologi. Siswa kelas V sendiri mengambil dimensi yang tak kalah menarik, yaitu dimensi “Mandiri”. Mereka mengimplementasikan dengan membuat telur asin dalam balutan  tema Kearifan Lokal.

Penulis : Tim Digital SD Yos Sudarso 1

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.