Home » Serunya Jejak Petualang di Perjusa SD Yos Sudarso I

Serunya Jejak Petualang di Perjusa SD Yos Sudarso I

oleh Dwiky Natalia

Batam, YTKNews.id- Salam Pramuka! Kepramukaan merupakan salah satu sarana dalam mengembangkan pendidikan karakter peserta didik. Pendidikan ini dilaksanakan terintegrasi dengan kegiatan ekstrakurikuler. Untuk pertama kalinya setelah pandemi, Jumat, 9 Juni 2023, SD Yos Sudarso I mengadakan Perjusa atau Perkemahan Jumat Sabtu yang berlokasi di sekolahnya sendiri. Peserta perjusa adalah para siswa-siswi yang mengikuti ekskul pramuka.

Perjusa kali ini mengusung tema “Jejak Petualang: Mengeksplorasi, Belajar dan Berumbuh”.  Upacara pembukaan dipimpin oleh Kepala SD Yos Sudarso I yaitu Kakak Didiek Dwi Atmadi, S.Pd.,M.M. Setelah upacara pembukaan, siswa-siswi  mempersiapkan diri untuk acara pensi yang akan dilaksanakan pada malam hari. Pensi yang dibawakan oleh MC kondang SD Yos Sudarso Kak Ratmo dan Kak Asti ini menyuguhkan penampilan yang sangat menarik sehingga acara pun menjadi riuh dan gembira. Setelah pensi, acara dilanjutkan dengan acara sakral yaitu api unggun. Sebelum menyalakan api unggun, sepuluh siswa membacakan Dasa Darma Pramuka. Acara api unggun pun ditutup dengan renungan malam para siswa tentang relasi mereka bersama orang tua, teman dan guru.

Pada hari kedua, kegiatan dimulai pukul 04.30 WIB dengan kegiatan awal senam pagi yang dikomando oleh  Kak Eben. Setelah senam pagi, para siswa melakukan kegiatan yang telah mereka tunggu-tunggu, yaitu jelajah atau berpetualang. Para pramuka siaga dan penggalang ini menjelajah dan berpetualang  melewati lima pos yang dijaga oleh kakak pembina. Di setiap pos, siswa harus menyelesaikan misi yang diberikan kakak-kakak pembina seperti estafet pingpong tali rafia di pos 1, misi panjang-panjangan di pos 2, misi estafet pingpong air di pos 3, misi jaring laba-laba di pos 4, dan estafet air di pos terakhir. Para siswa sangat antusias dan semangat mengikuti misi di tiap pos bahkan sampai pos akhir yang mengharuskan mereka berbasah kuyup karenanya.

Selesai jelajah dan makan siang, acara pun dilanjutkan upacara pelantikan. Kak Didiek sabagai  pembina melantik 10 barung siaga dan 11 regu penggalang. Saat pelantikan, para siswa masih terlihat ceria bahkan mengaku belum ingin pulang karena masih betah di sekolah. “Aku baru pertama kali ini tidur di luar rumah,ternyata seru, ya,” ujar salah satu pramuka siaga sembari membereskan tendanya. Para orangtua juga memberi respon positif atas kegiatan ini.

Semoga Perjusa perdana paskapandemi SD Yos Sudarso I ini menjadikan para siswa pramuka siaga dan penggalang  memiliki kepribadian beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani.

Penulis : Tim Digital SD Yos Sudarso 1

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.