Home » Siswa-siwa SMK Tunas Karya Meraih Prestasi di Ujung Tahun Pelajaran

Siswa-siwa SMK Tunas Karya Meraih Prestasi di Ujung Tahun Pelajaran

oleh Redaktur Ytknews

Pangkalpinang, YTKnews.id—Ada ungkapan yang akrab di pendengaran, proses tidak akan mengkhianati hasil. Demikian juga dengan  beberapa siswa SMK Tunas Karya berikut ini.  Dalam gelaran lomba di  Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka pada penghujung tahun pelajaran 2022/2023 ,  berhasil meraih prestasi yang membanggakan. ” Aartinya  prestasi ini, hasil usaha keras, kesungguhan , kedisiplinan disertai doa akan menghasilkan prestasi gemilang.

Fernaldy Alinskie, siswa kelas  X Pemasaran  ini berhasil meraih Juara I Lomba Gitar Solo dalam ajang FLS2N SMK tingkat Cabdin Wilayah 1. Lomba ini   diikuti sekolah-sekolah kejuruan  di Pangkalpinang dan Bangka Tengah.  Bagaimana bisa? Ya bisa, siswa yang akrab disapa Fernaldy ini menuturkan mulai menekuni   alat musik gitar sejak masih di sekolah dasar.

Bermula dari gitar hadiah orang tua, Fernaldy belajar bermain gitar secara otodidak. Karena  suka dengan alat musik petik ini,  ia tak bosan-bosannya berlatih sendiri. Ia juga  tanpa segan  bertanya  kepada kawan-kawannya yang sudah terampil bermain gitar. Dengan tekun ia menghapalkan  kunci-kunci gitar yang diajarkan kawan-kawannya. Keterampilannya bermain gitar semakin terasah saat  ia  masuk SMP dan bergabung dengan  ekstrakurikuler gitar klasik.

Fernaldy Alinskie, siswa kelas  X Pemasaran, juara solo gitar

Di bawah bimbingan  guru seni budaya sekaligus pembina ekstrakurikuler gitar, teknik bermain gitarnya semakin baik. Kecintaannya pada gitar juga semakin menjadi-jadi. “Jika ada waktu luang, setelah belajar dan menyelesaikan tugas sekolah, saya isi dengan bermain gitar. Kadang-kadang sambil menyanyikan beberapa lagu yang saya hapal,” jelasnya.  Latihan bermain gitar semakin padat tatkala ia ditunjuk mewakili SMK Tunas Karya dalam ajang FLS2N SMK kategori gitar solo.

Dengan totalitas tinggi, ia mempersiapkan diri dengan baik. Latihan tidak hanya di sekolah di bawah bimbingan pelatih, tetapi di rumah pun ia berlatih sendiri. Itulah yang membuatnya percaya diri hingga meraih Juara I dan berhak mewakili kota Pangkalpinang berlaga di FLS2N tingkat provinsi. “Saya sangat bersyukur dengan prestasi ini, walaupun  tidak menyangka dapat meraih Juara I mengingat kompetitor-kompetitornya memiliki teknik bermain gitar yang sangat bagus,” tambahnya merendah.

Tidak kalah menarik adalah Naomi, nama lengkapnya Naomi Naquita Maharani. Siswi kelas X jurusan Busana ini berhasil meraih Juara III dalam lomba lukis  di Kampoeng Reklamasi Air Jangkang. Karya  lukisannya yang  bertema pemandangan alam Kampoeng Reklamasi ini menggunakan cat akrilik.

Di desa wisata ini, Naomi bersaing dengan puluhan siswa SMA/SMK  se-Bangka Belitung. Dirinya mengaku tak menyangka dapat meraih juara III mengingat  tidak pernah belajar melukis secara khusus.  “Saya tidak pernah belajar khusus melukis. Melukis hanya hobi yang  saya lakukan untuk mengisi waktu luang. Memang hobi ini sudah saya tekuni sejak  kelas 1  di salah satu SD Negeri di  kota  Pangkalpinang ini,” jawabnya dengan ramah.

Naomi Naquita Maharani

“Pada awalnya saya senang  corat – coret di buku gambar dengan pensil. Ada gambar pemandangan, hewan, pokoknya yang ingin saya gambar langsung saya gambar saja di kertas,” sambungnya saat ditanya alasan suka melukis.  “Mengetahui saya suka melukis, saat  masih di sekolah dasar, saya mulai  diarahkan  guru saya untuk  melukis dengan cat air  dan akrilik,” tambahnya.  Karena merasa nyaman dengan hobi melukis ini,  maka melukis menjadi kegiatan rutin untuk mengisi waktu luangnya di rumah.  Tidak heran jika dalam beberapa lomba lukis, remaja putri pendiam ini pernah meraih beberapa   prestasi.

Demikian juga dengan siswi SMK Tunas Karya satu ini,  Veronika Stelanova, atau biasa dipanggil Nova. Siswi kelas X DKV ini  tak menyangka dapat meraih prestasi yang membanggakan. Pada kejuaraan daerah atletik kota Pangkalpinang  pada akhir Mei 2023 lalu ia berhasil meraih medali perungu dalam cabang olah raga  lempar cakram putri tingkat SMA/SMK. “Tak menyangka dapat meraih perunggu, mengingat persiapannya sangat minim. Apalagi baru pertama kali ini mengikuti cabang lempar cakram. Waktu latihan hanya beberapa minggu saja sebelum pelaksanaan lomba. Maka, oleh pelatih saya diharuskan latihan hingga sore. Lelah iya, tapi senang karena saya suka atletik, “ jawabnya sambil tersenyum manis.

Ketika ditanya rencana ke depannya, mereka bertiga menjawab ingin tetap menekuni hobi masing-masing. Mereka menyatakan akan terus berlatih baik akan berlomba  maupun tidak.

Menanggapi prestasi yang diraih oleh anak didiknya, Kepala SMK Tunas Karya, P. Suwarjo, S.Pd. mengungkapkan kebanggaannya, ”Bersyukur dan  bangga, di ujung tahun pelajaran  anak-anak kita berhasil  meraih prestasi. Semoga prestasi-prestasi seperti ini dapat terus diraih pada waktu-waktu  mendatang,” jawabnya dengan ceria. (***)

Kontributor : Lukas 

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.