Home » Anak-Anak TK St Maria Terlihat Lucu Tetapi Tertib, Dalam Upacara Bendera

Anak-Anak TK St Maria Terlihat Lucu Tetapi Tertib, Dalam Upacara Bendera

oleh humas YTK

Muntok, YTKNews.id – Hai Sobat Guru Penyemangat, tau gak sih betapa penting dan perlunya upacara bendera di jenjang TK/PAUD? Pasti sudah pada tau kan? TK Santa Maria Mentok sudah menerapkan Upacara di jenjang TK, meskipun anak-anak TK belum dapat melaksanakannya dengan sempurna.

Tetapi tujuan dasar Upacara Bendera yang ingin dicapai adalah menanamkan semangat kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia di dalam jiwa anak usia dini. Maka dari itu, setiap hari Senin para guru-guru TK St. Maria Mentok mengajarkan dan membiasakan anak-anak didik kami untuk mengikuti upacara bendera. Meskipun dalam pelaksanaannya memang sedikit sulit untuk mengatur mereka supaya lebih tertib.

Gracia Josepha Biora salah satu guru TK Santa Maria mengatakan upacara di jenjang TK sebenarnya masih termasuk bagian dari interaksi edukatif yang cukup efektif untuk menumbuh kembangkan nilai-nilai tertentu pada potensi-potensi anak TK pada usia dini.

Ia mengatakan bahwa nilai upacara juga bisa memunculkan sifat atau jiwa kepemimpinan pada saat anak menjadi pemimpin upacara, contohnya saat anak menjadi petugas upacara

“Anak-anak berlatih untuk tertib dan bertanggung jawab pada tugas masing-masing pada saat upacara bendera,” ujar Gracia.

“Upacara juga memunculkan sifat kepercayaan diri pada anak usia dini. Pada umumnya setiap anak-anak TK mempunyai bermacam-macam karakter yang berbeda ada yang pemalu, berani tampil dan ada yang tidak berani tampil didepan umum,” jelasnya.

Seperti di TK Santa Maria contohnya kegiatan rutin upacara bendera dilakukan dengan semangat, hikmat dan meskipun sedikit belum bisa tertib, namun kegiatan rutin ini menjadi prioritas pembelajaran bagi anak-anak TK.

“Yuk Sobat Guru Penyemangat! Mari kita tumbuh kembangkan karakter cinta tanah  air indonesia pada anak didik kita. Kobarkan semangat, lumpuhkan rasa takut, dan mulailah bergerak menuju sebuah tujuan untuk terciptanya sebuah kemerdekaan. MERDEKA!”pungkasnya. *(nov)*

Suasana Upacara Bendera di TK St Maria

Suasana Upacara Bendera di TK St Maria

Kontributor : Biora

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.