Home » Upacara Biasa yang Tak Biasa di SD Santa Maria Mentok

Upacara Biasa yang Tak Biasa di SD Santa Maria Mentok

oleh Suwito

Pertama kalinya di SD Santa Maria Mentok, upacara hari senin dilaksanakan oleh petugas upacara dengan kolaborasi peserta didik kelas 4,5, dan 6. Ya, organisasi kesiswaan jenjang SD dibentuk di SD Santa Maria Mentok. Pada 31 Juli 2023, pertama kalinya perwakilan peserta didik dengan nama KRUCIL (Kelompok Perwakilan Murid) ini menjadi pelaksana petugas upacara.

Upacara berlangsung lancar dan tertib dengan petugas kolaboratif anggota Krucil

Upacara yang biasanya rutin dilaksanakan dengan petugas secara bergiliran per kelas, kali ini melibatkan peserta didik menjadi kesatuan berkolaborasi menjadi petugas upacara. Pembagian tugas juga berdasarkan suara dan pilihan peserta didik. Mereka menjalankan tugasnya sesuai minat dan tulus. Di sini, mereka belajar profesionalisme dan bertanggung jawab atas apa yang mereka putuskan.

“Sekolah mengapreasiasi kekompakan KRUCIL. Ini menjadi wadah untuk peserta didik menyalurkan aspirasinya sebagai implementasi nyata merdeka belajar,” ujar Maria Susanti, Kepala SD Santa Maria.

Setelah menjalankan tugas mereka dengan baik, upacara ditutup dengan penandatanganan SK Pembentukan Pengurus dan Keanggotan Krucil serta program kerja 1 tahun dari 2023 hingga 2024 mendatang.

“Krucil juga sebagai wadah untuk anak-anak membantu tugas Humas dan Promosi Sekolah. Karena Public Relation dari sebuah lembaga adalah anggota lembaga itu sendiri, jadi peran peserta didik pun harus diakomodir,”pungkas Maria Susanti.

Penyerahan SK Kepala Sekolah tentang keanggotan Krucil dan Program Kerja kepada Pembina Krucil sekaligus Humas Sekolah

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.