Home » Ketika Tim Jurnalis Cilik “Memerdekakan” Dirinya Meliput Upacara Kemerdekaan

Ketika Tim Jurnalis Cilik “Memerdekakan” Dirinya Meliput Upacara Kemerdekaan

oleh Suwito

Mentok-YTKnews.id- Ketika semua peserta didik diliburkan, 2 sahabat jurnalis cilik dari Krucil ini dengan suka rela melibatkan diri mereka datang ke sekolah untuk bertugas sebagai tim peliput upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 RI pada 17 Agustus 2023 yang lalu. Mereka adalah Devin Alison Pratama dan Ryu Karnadi, anggota Krucil yang baru pertama kali bertugas sebagai wartawan cilik.

Walau tugas yang diberikan terasa sederhana, Devin sebagai reporter dan Ryu sebagai juru kamera dengan sigap menjalankan tugas mereka. Awalnya, mereka didampingi dan dibekali oleh guru pembimbing. Saat di tengah pelaksanaan tugas, mereka dimerdekakan untuk mengeksplor sendiri apa yang hendak mereka foto dan liput.

“Pada saat mewawancarai guru dank Kepala sekolah aku merasa gugup dan takut, tetapi aku melawannya dengan percaya diri. Dan akhirnya aku mewawancarai kepala sekolah dengan baik, syukurlah aku bisa memberanikan diri,” ungkap Devin yang sekarang duduk di kelas 6 itu.

Aksi Devin ketika mewawancarai Kepala SMP Santa Maria usai upacara HUT Kemerdekaan ke-78 RI

Menjalankan tugas sebagai wartawan menyiratkan makna kemerdekaan bagi Devin dan Ryu yakni berhasil melawan rasa minder dan tantangan. Inilah perjuangan 2 jurnalis cilik ini. Sejatinya merdeka dalam belajar telah dijalankan oleh mereka.
“Aku senang bisa melihat langsung bapak ibu guru tampil. Mereka keren. Aku berusaha mencari pose terbaik untuk difoto. Kesulitannya mencari tempat yang pas untuk membidik kamera. Namun, bisa aku hadapi dan hasilnya lumayan bisa muncul di website YTKnews,” ujar Ryu yang memang suka fotografi dengan bangga.

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.