Home » Kisah Menarik Siswi SMAK Yos Sudarso Raih Prestasi di LDBI Nasional 2023

Kisah Menarik Siswi SMAK Yos Sudarso Raih Prestasi di LDBI Nasional 2023

oleh Dwiky Natalia

Batam, YTKNews.id – March Indi Putri Simbolon, siswi SMAK Yos Sudarso yang duduk di kelas XII.5 kali ini turut menyumbangkan prestasi untuk sekolahnya. Bersama dua orang temannya yang berasal dari sekolah berbeda, Indi -begitu ia disapa- berhasil melaju ke tingkat nasional dalam Lomba Debat Bahasa Indonesia 2023 yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI).

Ada kisah menarik dalam perjalanan lomba yang diikuti Indi kali ini. Lomba yang diawali dengan seleksi provinsi pada tanggal 14 Juni 2023 ini, mengeluarkan pengumuman dimana namanya tidak tersebut sebagai siswa yang mewakili Kepri untuk melaju ke nasional. Saat itu, namanya ada di ranking keempat, sedangkan yang melaju ke nasional adalah peserta yang berada di ranking satu sampai tiga.

Kesedihan dan kekecewaan sempat ia rasakan kala gagal membawa sekolahnya menuju tingkat nasional. Ia pun mencoba legowo dan berdamai dengan situasi yang tidak diharapkannya itu. Namun, takdir berkata lain. Salah seorang peserta ternyata mengundurkan diri dalam ajang ini karena suatu alasan. Hal ini kemudian membuat Indi secara otomatis menggantikan posisi peserta tersebut. “Ketika saya mendengar pemberitahuan tentang hal tersebut, saya berteriak dan meminta orang rumah untuk mencubit saya karena takut ini hanya mimpi,” ujarnya mengawali cerita. Ia merasa terpana karena akhirnya dapat membawa sekolahnya melaju ke tingkat nasional.

“Saat itu, tidak ada sedikit pun perasaan kecil di hati saya karena hanya menjadi seorang pengganti. Saya tetap belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh untuk dapat menyesuaikan diri dan mengejar ketertinggalan,” ungkapnya lagi. Ketika mengikuti perlombaan yang dilakukan di Universitas Pembangunan Jaya, Bintaro tersebut, Indi mengaku bersyukur karena dapat bertemu dengan 108 siswa perwakilan dari 35 provinsi di Indonesia dan juga siswa-siswi dari sekolah Indonesia di luar negeri. “Bagi saya, bukan medalinya yang terpenting, namun pengalaman dan kebersamaan yang mungkin saja tidak akan terulang lagi,” tambahnya lagi.

Ia pun mengaku tidak menyangka ketika namanya diumumkan sebagai pembicara terbaik dalam perlombaan yang diadakan dari tanggal 1 – 3 Agustus 2023 tersebut. “Saya mendapatkan kepercayaan untuk menyandang gelar Best Speaker 1 atau Overall Best Speaker untuk LDBI Nasional 2023,” ujarnya. Lomba ini adalah pengalaman pertamanya tampil di ‘panggung’ besar. Ia mengaku awalnya tidak berkespektasi tinggi pada hasil akhir perlombaan ini. Namun, karena berbekal rasa syukur dan ikhlas untuk menjalani setiap prosesnya, ia merasa  bangga sekaligus senang karena bukan hanya berhasil membawa nama sekolah, melainkan ikut serta mengharumkan nama Kepulauan Riau lewat prestasi yang ia raih.

“Pesan saya kepada teman-teman semua, jalanilah segala hal dengan hati yang senang dan ikhlas. Jangan bebankan diri untuk memenuhi ekspektasi yang terlampau megah. Namun, percayalah  bahwa yang kita jalani adalah sebuah kesempatan berharga dan bukan untuk semata-mata meraih keuntungan,” kata Indi menutup cerita.

Reporter : Dwiky Natalia

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.