Home » Membanggakan, Siswa SD Santo Paulus 1 Loloskan 3 Tim di Kuis Kihajar STEM

Membanggakan, Siswa SD Santo Paulus 1 Loloskan 3 Tim di Kuis Kihajar STEM

oleh Alexia Dea Ariyanti

Tahun ini SD Santo Paulus 1 ikut serta dalam kegiatan Kihajar STEM dan mampu meloloskan 3 tim ke level Intermediate. Kuis Kihajar Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM)  merupakan merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemdikbud yang menjadi wadah eksplorasi untuk peserta didik pada satuan pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK. Tujuan kegiatan ini tak lain merupakan wadah bagi para siswa untuk berfikir kritis, kreatif, mampu berkolaborasi dan berkomunikasi dalam mengembangkan project berbasis STEM melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Untuk Kuis Kihajar STEM Tahun 2023, peserta kota Pangkalpinang adalah SD Negeri 3, SD Negeri 10, dan SD Santo Paulus 1. Untuk provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara keseluruhan ada 64 tim SD yang tersebar di lima kabupaten dan satu kota. SD Santo Paulus 1 mengutus 4 tim, 1 tim kelas VA beranggotakan Pangeran, Fathan, dan Maethy, 1 tim kelas VB beranggotakan Lannert, Noah,dan Aurelika, dan dua tim kelas VI beranggotakan Fenora, Keyla, Gabriela dan Valeriana, Moniqa, Inggrid. Walaupun terkendala gangguan pada server, bukanlah penghalang bagi siswa-siswi SD Santo Paulus 1 untuk terus melaju bertanding.

Kuis Kihajar Dilaksanakan Secara Online
Kuis Kihajar Dilaksanakan Secara Online

Natalia Murwantini, S.Pd mengatakan tahun ini merupakan partisipasi yang kedua dalam mengikuti Kuis Kihajar STEM.  Anak- anak tampak semangat dan antusias dalam mengerjakan soal-soal dalam level basic yang dimulai hari Minggu, (6/8/2023) mulai pukul 13.30 sampai 15.00. Tahapan tes dilakukan dengan mengikuti kuis yang diberikan panitia secara online sebanyak 20 soal. Tetapi karena kendala berupa gangguan pada server maka yang belum lolos ke level Intermediate diulang kembali pada hari Sabtu, (12 /8/2022) mulai pukul 09.00 sampai 10.30. Dan hasilnya tim Lannert dan tim Fenora lolos ke level Intermediate menemani tim Pangeran yang sudah lebih dulu lolos ke level Intermediate.

“Soal-soal literasi dan numerasi yang diberikan Panitia Kuis Kihajar tahun ini lebih sulit selain pilihan ganda biasa, ada pilihan ganda kompleks dan soal pernyataan benar dan salah, tetapi kami senang dan antusias dalam menjawabnya”, demikian kata Fenora dan timnya yang sudah pernah ikut pada tahun 2022.

Penulis: Hero

Anda mungkin juga suka

Tinggalkan Komentar

* Dengan menggunakan formulir ini Anda setuju dengan penyimpanan dan penanganan data Anda oleh situs web ini.